29 November 2022, 14:24 WIB

Gempa Cianjur, Pengungsi di Kampung Cipicung Butuh Logistik dan Fasilitas MCK


Benny Bastiandy |

KORBAN gempa Cianjur, Jawa Barat yang mengungsi di Kampung Cipicung RT 01/02 Desa Wangunjaya Kecamatan Cugenang, masih serba kekurangan. Termasuk masalah sanitasi karena hampir semua fasilitas umum di wilayah itu semuanya hancur.

Randi, tokoh masyarakat setempat, menuturkan lebih dari sepekan warga di wilayahnya mengungsi ke lahan-lahan kosong di sekitar permukiman. Terdapat sekitar 7 tenda berbahan terpal yang dipasang di lahan kosong. "Bantuan belum maksimal, khususnya pengkondisian sembako dan logistik," terang Randi, Selasa (29/11).

Pun soal sanitasi atau MCK pengungsi hanya memanfaatkan lahan seadanya yang dijadikan tempat MCK. "Kalau pasokan air enggak ada masalah. Kami menggunakan air alami yang langsung dari gunung," ungkapnya.

Randi mengaku pengungsi di wilayahnya masih membutuhkan uluran tangan dari pemerintah maupun pihak donatur lain. "Di sini juga banyak anak kecil dan lansia. Hampir semua fasilitas di wilayah kami hancur. Kami ingin segera ada upaya perbaikan bangunan rumah untuk kami tinggali," pungkasnya.

Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan sistem pendistribusian logistik untuk menjangkau wilayah sulit dengan menggunakan kendaraan roda dua. Pendistribusian pun melibatkan berbagai elemen. 

"Kami juga dibantu relawan yang tergabung dalam 294 organisasi. Mereka ikut membantu bertugas di 15 sektor dengan jumlah 4.222 personel," terangnya. (OL-15)
 

BERITA TERKAIT