29 November 2022, 11:25 WIB

Penerbit Erlangga Kirim Bantuan untuk MCK Bagi Korban Gempa Cianjur


mediaindonesia.com |

PENERBIT Erlangga melalui Solidaritas Erlangga (SOGA) memberikan bantuan masing-masing 2 unit kamar mandi dan toilet portabel untuk kebutuhan mandi, cuci, dan kakus (MCK) bagi warga korban gempa di Cianjur, Jawa Barat. 

Manajer Marketing Nasional Penerbit Erlangga, Irving William P.W, mengatakan bantuan ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial Penerbit Erlangga untuk meringankan beban korban bencana gempa Cianjur.

"Setelah mengetahui adanya korban dan kerusakan yang parah dari gempa Cianjur, kami melalui SOGA, langsung bergerak untuk menyiapkan bantuan agar segera disalurkan kepada warga terdampak gempa Cianjur,” jelasnya dalam keterengan, Selasa (29/11).

Sementara itu, penyerahan bantuan dilakukan oleh tim Soga dan perwakilan Penerbit Erlangga Cianjur, Rudi Purwanto, langsung kepada oleh warga korban gempa.

Menurut Rudi, kamar mandi dan toilet sangatlah dibutuhkan masyarakat.

“Ini untuk mengatasi permasalahan sanitasi masyarakat dikarenakan banyaknya rumah warga yang terdampak gempa sudah tidak bisa ditempati untuk sementara waktu,” ungkapnya.

Baca juga: Wira Cipta Perkasa Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa di Cianjur

Untuk kamar mandi dan toilet portable ini ditempatkan di SD Negeri Cipadang, Bangbayang, Kecamatan Gekbrong, Cianjur. Untuk pemasangannya dilakukan secara kolaborasi antara tim Erlangga dan warga setempat.

Penerbit Erlangga juga memberikan bantuan berupa beras, kecap, minyak goreng, sarden, gula, kopi, mie instan, oksigen portable, dan selimut.

Rudi juga mengungkapkan kendala saat menyalurkan bantuan.

 “Kondisi Cianjur yang masih mengalami gempa susulan, akses jalan yang masih rusak, serta bangunan rumah yang runtuh belum dibersihkan, membuat kami cukup sulit untuk mencapai lokasi yang akan dituju,” jelasnya.

Tidak hanya itu, untuk membantu menghilangkan trauma pada anak-anak korban gempa di Cianjur, Penerbit Erlangga menyajikan kegiatan mewarnai gambar, melipat kertas, story telling dan area pojok membaca kepada anak-anak tersebut didampingi orang tua mereka.

Anak-anak bahkan para ibu terlihat antusias mewarnai gambar menggunakan alat gambar seperti pewarna dan kertas yang telah disediahkan Erlangga.

Setelah bantuan ini, direncanakan akan ada bantuan lanjutan untuk warga korban gempa Cianjur.

“Semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan kami mendoakan masyarakat yang terdampak agar selalu diberikan kesabaran dan kekuatan untuk menghadapi cobaan ini dan segera bangkit untuk kembali beraktivitas normal,” ungkap Irving. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT