29 November 2022, 11:00 WIB

PLN Babel Tanam 1.600 Pohon untuk Mencegah Bencana


Rendy Ferdiansyah |

Untuk mencegah bencana banjir dan longsor PT. Perusahan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung (Babel) melaksanakan penanaman 1.600 pohon serentak Bukit Mangkol Kabupaten Bangka Tengah.

Senior Manager Niaga dan Management Pelanggan Mustafrizal mengatakan program penanaman pohon serentak ini bertepatan dengan hari
menanam pohon pada Senin (28/11) lalu. "Untuk Babel jumlah pohon yang kita tanam sebanyak 16.00 pohon, mulai dari mete, avokad, cemara laut dan gelam," kata Mustafrizal. Selasa (29/11).

Menurut dia, pihaknya sengaja memilih bukit Mangkol lantaran daerah tersebut rusak karena aktivitas tambang pasir timah ilegal. "Kawasan mangkol rusaknya cukup parah karena ulah aktivitas tambang ilegal," terangnya.

Pihaknya berharap lahan rusak yang di tanam tersebut kembali ramah lingkungan, terlebih pada tahun 2060 indonesia menarget nol emisi karbon. "Kita harap dengan penanaman 1600 pohon ini dapat mencegah bencana seperti banjir dan tanah longsor, selain itu ke depan ramah lingkungan dapat bermanfaat bagi anak cucu kita,"ujarnya.

Sementara, asisten pemerintahan dan kesejahteraan rakyat Bupati Bangka Tengah Viktor menyambut baik penanaman pohon oleh PLN ini. Mengingat banyak sekali lingkungan di Bangka Tengah yang rusak.

Di  tempat sama Direktur Alobi Fondations. Langka Sani mengatakan, lahan yang ditanam oleh PLN ini merusakan kawasan tambang ilegal pada tahun 2001.

"Luas kerusakan lingkungan di kaki bukit mangkol ini. Lebarnya 100 meter dan panjangnya hampir 7 km, luas sekali, nah ini perlahan kita hijaukan kembali, memang perlu bertahun-tahun,"kata Langka.

Selain 1.600 pohon yang di tanam pihaknya bersama PLN juga melepaskan ratusan burung dilokasi tersebut. (OL-12).

BERITA TERKAIT