27 November 2022, 21:10 WIB

Lokananta Dibenahi Jadi Hub Kreatif dan Komersil


Widjajadi |

PT Perusahaan Pengelola Aset sudah melakukan revitalisasi Lokananta, studio rekaman pertama di Indonesia yang berada di Kota Surakarta, Jawa Tengah, sejak Agustus lalu. Kerja menggaungkan kembali legenda industri musik Indonesia itu ditargetkan tuntas pada April 2023.  

Lokananta menorehkan sejarah emas, karena di sana Indonesia Raya untuk pertama kalinya direkam. "Tapi sekarang, kalangan milenia sudah banyak yang tidak mengenal Lokananta," aku Handoko Hendroyono, Direktur M Block Group, perusahaan jasa hiburan, yang akan mengoperasikan Lokananta ke depan.

Untuk mengampanyekan revitalisasi Lokananta, induk usaha PT PPA, PT Danareksa menggelar Lokananta Reload. Bentuknya, pertunjukkan musik yang diisi musisi lokal dan nasional.

Di antaranya kelompok band Padi, Waljinah dan Candra Darusman. Menteri BUMN Erick Thohir berbicara pada sarasehan. Panitia juga menghadirkan galeri UMKM lokal.

"Lokananta hasil revitalisasi akan menjadi hub kreatif dan komersial bagi para musisi, seniman, dan UMKM lokal. Kehadirannya akan memberikan
dampak sosial, pertumbuhan ekonomi, dan pelestarian budaya Indonesia," Direktur Utama PPA Yadi Jaya Ruchandi, kemarin.

Direktur Utama PT Danareksa Arisudono Soerono menambahkan revitalisasi dilakukan di atas lahan seluas 2,1 hektare. Namun, ia belum mau mengungkapkan anggaran yang harus dikeluarkan untuk pekerjaan ini. (N-2)

 

BERITA TERKAIT