27 November 2022, 15:19 WIB

Serunya Aksi 1.000 Penari Jaran Kepang di Temanggung


Panji Arimurti |

SEKITAR seribu penari Jaran Kepang dari 423 SD hingga SMK di Kabupaten Temanggung melakukan atraksi pada Minggu (27/11) pagi. Mereka menarikan Jaran Kepang dengan maksimal, yang merupakan kesenian tradisional khas Jawa Tengah. 

"Jaran Kepang adalah kebanggaan masyarakat Temanggung. Anak-anak menari dengan semangat," ujar Bupati Temanggung  Muhammad  Al Khadziq, yang didampingi Ketua PKK Temanggung Eni Maulani Saragih di alun-alun Kabupaten Temanggung.

Baca juga: Ganjar Desak Pemerintah Segera Daftarkan Kebaya Sebagai Warisan Budaya Tak Benda ke UNESCO

Sejumlah pejabat daerah dan juga tokoh budaya juga hadir dan ikut menari Jaran Kepang dalam acara tersebut. Al Khadziq mengungkapkan bahwa populasi penari Jaran Kepang sangat banyak di setiap desa. 

Diketahui, terdapat 500 pelajar yang mengikuti lomba pada saat HUT Kota Temanggung. "Harapannya, semoga Jaran Kepang lestari dan menjadi identitas lokal yang menasional," imbuhnya.

Baca juga: Reog Ponorogo Gelar Aksi Donasi Bertajuk Pray For Cianjur

Budayawan Temanggung Lukman Sutopo berpendapat atraksi para pelajar merupakan regenerasi kesenian Jaran Kepang. Mereka pun diharapkan bisa menjadi penjaga peradaban. 

"Penampilan anak-anak sangat bagus dan semangat. Semoga mereka menjadi penjaga peradaban kesenian, khususnya Jaran Kepang," kata Lukman.(OL-11)

BERITA TERKAIT