27 November 2022, 15:08 WIB

Kemenkes Targetkan 1,2 Juta Anak di Aceh Dapat Vaksin Polio 


M. Iqbal Al Machmudi |

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) menargetkan 1,2 juta anak di wilayah Aceh mendapat imunisasi polio pada Senin (28/11) besok. Hingga saat ini, sudah ditemukan 3 anak yang mengidap polio di Aceh.

"Besok imunisasi polio serentak. Kami menargetkan 1,21 juta anak dengan kelompok umur 12 tahun ke bawah," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi, Minggu (27/11).

Untuk Kabupaten Pidie, lanjut dia, imunisasi serentak akan dilakukan puskesmas dan tenaga kesehatan setempat. Petugas juga terus melakkan sosialisai Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN) untuk vaksinasi polio.

Baca juga: KLB Polio, Menkes: Vaksinasi di Pidie Dimulai 28 November

Adapun jenis vaksin polio ada dua, yakni oral polio vaccine (OPV) untuk polio tipe 1 dan 3 dengan cara oral. Kemudian, inactivated polio vaccine (IPV) untuk tipe 1, 2 dan 3 dengan cara suntik.

Sementara itu, untuk daerah di luar Aceh, imunisasi polio akan dilakukan mengikuti program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Kemenkes melaporkan terdapat 415 kabupaten/kota dari 30 provinsi dengan kategori polio risiko tinggi.

Baca juga: Temuan Kasus Polio, Pemerintah Diminta Galakkan Kembali Imunisasi

"Ini karena ada kasus polio yang lain dengan catchup program BIAN. Program tersebut untuk mempercepat imunisasi lengkap, sehingga bisa segera imunisasi," jelas Nadia.

Diketahui, sejumlah provinsi selain Aceh yang cakupan vaksinasi inactivated polio vaccine (IPV) tergolong rendah, seperti Papua Barat, Maluku, Sumatera Barat dan Yogyakarta.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT