24 November 2022, 22:09 WIB

Cegah Kasus Asusila, Kapolda NTT Minta Orang Tua Perketat Pengawasan Anak


Palce Amalo |

KAPOLDA Nusa Tenggara Timur (NTT), Irjen Johni Asadoma minta para orang tua untuk selalu mengawasi anak-anak mereka agar terhindar dari kasus-kasus asusila. Hal ini diungkapkan Kapolda terkait maraknya kasus asusila terhadap anak. 

Saat melakukan kunjungan kerja ke Polres Sikka di Flores, Kapolda menemukan sebagian besar dai 12 tahanan di Polres Sikka terkait kasus asusila. Kasus pelecehan seksual terhadap terjadi karena kurangnya pengawasan dari orang tua. "Yang paling pertama harus ada kepedulian dan pengawasan dari orang tua," kata Johni Asadoma, Kamis (24/11).

Dia juga minta para orang tua tidak memberikan kepercayaan kepada orang lain untuk mengasuh dan mengawasi anak-anak mereka. "Walaupun yang mengawasi anak-anak itu anggota keluarga, apalagi orang lain," ujarnya.

Menurutnya, kasus-kasus asulia tetap diproses hukum. "Kasus seperti itu tetap kita proses, tidak ada alasan," jelasnya.

Di dunia internasional, kasus-kasus asulia sangat dibenci oleh masyarakat. Para pelakunya dikejar oleh polisi sampai ke manapun. 

Kasus-kasus asusila di luar negeri yang pelakunya lari ke Indonesia, ditangkap oleh Polri dan diserahkan kembali kepada aparat keamanan dari negara asal para pelaku. "Seperti kasus pedofil sangat dibenci dan dicaci oleh masyarakat," ujarnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT