24 November 2022, 14:47 WIB

PT CRIF dan Inskopyah Gelar Roadshow Sosialisasi Biro Kredit di Yogyakarta


mediaindonesia.com |

SEBAGAI bentuk tanggung jawab dalam melaksanakan edukasi dan meningkatkan penetrasi penggunaan biro kredit di segmen microfinance khususnya koperasi, PT CRIF Lembaga Informasi Keuangan, kembali melakukan Roadshow ke Yogyakarta baru-baru ini.

Perlu diketahui bahwa biro kredit adalah lembaga yang berperan dalam menghimpun, mengelola dan menyediakan informasi kredit historis seseorang dari berbagai sumber data.

Biasanya, bentuk penilaian dari proses analisa yang dilakukan akan dipaparkan dalam bentuk credit score dan report.

Dalam keterangan tertulis, Kamis (24/11), Senior Business Consultant PT CRIF Lembaga Informasi Keuangan Astri Octavianti mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk sosialisasi 'pemanfaatan biro kredit' untuk koperasi-koperasi di bawah naungan Induk Koperasi Syariah (Inkopsyah).

PT CRIF Lembaga Informasi Keuangan bersama dengan Inkopsyah berkolaborasi untuk meningkatkan pentingnya mitigasi risiko Kredit berbasis data yang tepat dan akurat, sehingga akan meningkatkan kebijakan berbasis risiko.

Baca juga: Forkopi Sebut Ada Pasal RUU PPSK Berpotensi 'Membunuh' Koperasi 

"Di samping itu juga disinggung perlunya tata kelola kelembagaan koperasi. Hal ini dirasa penting sesuai dengan cita-cita CLIK agar penggunaan biro Kredit dapat merata tidak hanya untuk segmen bank dan multifinance tetapi juga oleh lembaga mikro kredit," jelas Astri.

Inkopsyah sendiri menaungi lebih dari 400 koperasi di bawah naungan Inkopsyah.

Ke depannya diharapkan penetrasi penggunaan biro kredit, menurut Astri, untuk segmen koperasi terus meningkat.

"Serta secara gradual bisa menjadi langkah awal dalam upaya percepatan transformasi digital di segmen koperasi berbasis risiko," tuturnya. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT