24 November 2022, 13:45 WIB

Pemkab Sikka Raih WTP ke 6 kalinya dari BPK


Gabriel Langga |

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Sikka, NTT kembali membuat memperoleh penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pengelolaan keuangan 2021 dari BPK. Opini WTP ini merupakan yang keenam kalinya.

Untuk itu, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pun memberikan penghargaan kepada Pemkab Sikka  yang telah mendapatkan predikat WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI kategori enam kali WTP secara berturut-turut. Yakni dari tahun 2016, 2017, 2018, 2019, 2020 dan 2021.

Penyerahan penghargaan WTP tersebut langsung diserahkan oleh Kementerian Keuangan melalui instansi perwakilan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) yang ada di Kabupaten Ende.

Kepala KPPN Ende, Paulus Nuwa  yang merupakan perwakilan dari instansi vertikal Kementerian Keuangan kepada mediaindonesia.com, Kamis (24/11) mengatakan, kemarin, Rabu 23 November 2022 telah menyerahkan penghargaan dari Kementerian Keuangan kepada Pemkab Sikka atas capaian Opini WTP dari BPK RI atas pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2021 .

Paulus Jawa  mewakili Menteri Keuangan Sri Mulyani menyerahkan piagam WTP kepada Pemkab Sikka yang ke-6 kalinya sebagai apresiasi perolehan opini WTP oleh BPK atas LKPD Tahun 2021. Penyerahan penghargaan tersebut langsung diserahkan kepada Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo.

Ia pun memberikan apresiasi dan selamat kepada Pemda Sikka atas capaian ini hingga dapat mempertahankan hasil opini WTP secara berturut-turut hingga sudah enam kali raih WTP tahun 2021.

Sementara itu, Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo mengaku di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang sudah meraih lebih dari lima kali WTP itu hanya Pemprov NTT dan Pemda Sikka.

"Kalau di Sikka sudah enam kali kita raih WTP. Kalau di NTT yang raih WTP lebih dari lima kali secara berturut-turut itu, hanya Kabupaten Sikka dan Pemerintah Provinsi NTT," ujar dia

Untuk itu, Bupati Sikka kembali optimis kedepannya Pemkab Sikka bisa meraih opini WTP hingga 10 kali berturut-turut. "Untuk mendapatkan kembali WTP yang ke-tujuh, kami mulai kerja dari sekarang, dengan pengalaman-pengalaman buruk sebelumnya pasti akan lebih baik dan akan lebih ketat," yakin Bupati Sikka. (OL-13)

BERITA TERKAIT