22 November 2022, 18:30 WIB

Akibat Gempa, Lapas Cianjur Mengalami Kerusakan


Indriyani Astuti |

DIREKTUR Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Kemenkumham Reynhard Silitonga mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Cianjur pada Selasa (22/11) ini. 

Kedatangan tersebut guna meninjau keadaan lapas sekaligus menyerahkan bantuan pascagempa berkekuatan 5,6 SR, yang mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (21/11) kemarin.

Setibanya di Lapas Cianjur, Dirjenpas meninjau kondisi lapas. Lapas itu sempat dilaporkan turut terdampak gempa yang berpusat di kedalaman 10 kilometer barat daya Kabupaten Cianjur. 

Baca juga: BNPB: Korban Meninggal Gempar Cianjur Mencapai 268 Jiwa

Dari tinjauan, berbagai fasilitas rusak ringan hingga berat. Seperti, area perkantoran, blok hunian, hingga pos jaga. Guncangan gempa mengakibatkan satu petugas yang bertugas di pos jaga yang rubuh, dilaporkan mengalami luka berat.

Lalu, delapan warga binaan mengalami luka ringan. Namun, mereka sudah mendapat perawatan di rumah sakit terdekat dan di klinik lapas. “Kami turut merasakan dampak dari bencana alam yang yang tidak bisa kita hindari," tuturnya.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Dua Skema Terkait Hunian Terdampak Gempa Cianjur

"Akibat gempa ini, terjadi beberapa gangguan terutama pada sarana dan prasarana Lapas. Ada warga binaan dan petugas yang terluka. Saya turut berduka atas musibah ini,” imbuh Reynhard.

Pihaknya berpesan agar jajaran petugas dan warga binaan Lapas Cianjur tetap siaga bencana dan mengikuti imbauan dari pemerintah daerah. 

“Gunakan tempat evakuasi yang sudah disediakan. Jangan pernah berpikir untuk lari, yang penting selamatkan jiwa terlebih dahulu. Jangan berbuat hal yang tidak perlu atau negatif,” pungkasnya.(OL-11)

BERITA TERKAIT