22 November 2022, 17:47 WIB

Pemkot Denpasar Gelar Pasar Murah Jaga Stabilitas Harga


Arnoldus Dhae |

PEMERINTAH Kota Denpasar, Bali, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) konsisten melakukan operasi pasar murah untuk mengendalikan harga pangan pokok yang berimbas terhadap laju inflasi. Kali ini operasi pasar dilakukan di Lapangan Arga Soka, Kelurahan Sesetan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Selasa (22/11).

Berdasarkan data yang dihimpun di lapangan, harga bahan pangan pokok utama di operasi pasar terpaut lebih murah dibandingkan harga di pasaran, seperti beras pertiwi Rp53.000,-/5Kg, telur tanggung seharga Rp44.000,-/Krat, minyak goreng Rp13.500,-/Liter, bawang merah Rp22.500,-/Kg, bawang putih Rp15.000,-/Kg, cabe kecil Rp28.000,-/Kg, Kentang Rp12.000/Kg.

Sekda Kota Denpasar, IB. Alit Wiradana meninjau langsung didampingi Kadis Perindag Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari. Pihaknya menilai kegiatan ini cukup memberikan dampak positif menekan laju inflasi di Kota Denpasar.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Denpasar pada bulan Oktober tercatat -0,04 dengan komparasi di bulan September sebesar 1,17, artinya lebih kecil dibadingkan bulan sebelumnya.

"Selain memberikan dampak secara makro yakni menekan laju inflasi, kami harap operasi pasar ini juga dapat secara langsung membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pangan pokok sehari-harinya dengan harga yang terjangkau, serta memberikan ruang untuk UMKM di sekitar lokasi pasar murah untuk ikut serta," Kata Sekda IB. Alit Wiradana.

Ni Wayan Sari, salah satu warga sekitar yang ditemui saat berbelanja mengaku, harga telur di operasi pasar ini terpaut lebih murah dari harga pasaran yang biasa dibeli yakni Rp45.000,- hingga Rp48.000,-/Krat.

"Adanya pasar murah ini sangat membantu kami di tengah harga yang fluktuatif, mengingat juga ini merupakan kebutuhan pangan sehari-hari, kami harap Pemerintah Kota Denpasar terus gencar menggelar pasar murah hingga harga dipasaran nanti kembali normal," katanya.

Kadis Perindag Kota Denpasar Nyoman Sri Utari mengatakan bahwa operasi pasar yang digelar Pemkot Denpasar akan dilaksanakan hingga bulan Desember mendatang, sebagai upaya untuk mengendalikan laju inflasi di Kota Denpasar. (OL-13)

Baca Juga: Ganjar Pranowo Resmikan Mal Pelayanan Publik Kabupaten Klaten

BERITA TERKAIT