22 November 2022, 17:27 WIB

NTT Waspada Potensi Bencana Akibat Hujan Dan Angin Kencang


Palce Amalo |

BMKG Stasiun El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengeluarkan  peringatan dini potensi hujan deras disertai angin kencang 22-28 November  2022.

"Hujan disertai angin kencang secara vertikal ke bawah dan memiliki daya rusak yang tinggi karena terjadi dengan kecepatan yang tinggi dalam durasi yang singkat (downburst)," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Agung Sudiono Abadi, Selasa (22/11).

Agung mengatakan, kondisi atmosfer secara umum yang terpantau pada 22 November, memperlihatkan potensi pembentukan awan-awan konvektif mulai meningkat. Secara umum, cuaca umumnya berawan, hujan ringan hingga deras disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat.

"Waspada akan potensi dampak hujan dan angin kencang yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, banjir rob, tanah longsor, pohon tumbang, jalanan licin, dan sambaran petir," ujarnya.

Khusus untuk daerah bertopografi curam atau bergunung dan tebing, tambahnya, patut waspada akan potensi longsor dan banjir bandang pada saat terjadi hujan dengan durasi yang panjang. Sedangkan gelombang di perairan umumnya antara 1,25-2 meter atau berada pada level rendah hingga sedang. Kondisi tersebut belum berdampak terhadap aktivitas pelayaran seperti kapal nelayan, feri dan kapal Pelni. (OL-15)

BERITA TERKAIT