22 November 2022, 13:55 WIB

Pemerintah akan Berikan Bantuan untuk Rumah yang Rusak


Andhika Prasetyo |

PRESIDEN Joko Widodo memastikan pemerintah pusat akan memberikan bantuan kepada seluruh masyarakat yang mengalami kerusakan rumah akibat gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat dan sekitarnya.

"Rumah-rumah yang rusak, baik ringan, sedang maupun berat, pemerintah akan berikan bantuan," ujar Jokowi saat berkunjung ke daerah gempa di Cianjur, Selasa (22/11).

Untuk rumah yang rusak ringan, pemerintah akan menyerahkan bantuan Rp10 juta. Adapun, untuk rumah yang mengalami rusak sedang, pemiliknya akan diberikan Rp25 juta dan rumah yang rusak berat akan diberikan Rp50 juta.

Tidak hanya memberi bantuan uang tunai, pemerintah melalui Kementerian PU-Pera juga akan mendampingi masyarakat setempat untuk membangun ulang hunian mereka.

Baca juga:  Berkunjung ke Cianjur, Presiden: Utamakan Penyelamatan Korban

Langkah tersebut dilakukan guna memastikan rumah-rumah itu akan dibangun atau diperbaiki dengan mengikuti standar keamanan antigempa.

"Karena tadi disampaikan BMKG bahwa gempa ini adalah gempa 20 tahunan sehingga bisa terulang. Oleh karena itu, pembangunan rumah kita arahkan ke rumah antigempa," tutur mantan wali kota Surakarta itu.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyampaikan duka cita mendalam bagi seluruh masyarakat yang menjadi korban gempa.

"Atas nama pribadi, saya mengucapkan duka cita mendalam, bela sungkawa, atas terjadinya musibah gempa di Cianjur, Jawa Barat, ini," pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT