22 November 2022, 13:40 WIB

Berkunjung ke Cianjur, Presiden: Utamakan Penyelamatan Korban


Andhika Prasetyo |

PRESIDEN Joko Widodo memerintahkan BNPB, Basarnas, TNI-Polri dan seluruh kementerian terkait untuk mengutamakan proses evakuasi serta penyelamatan korban gempa bumi yang masih tertimbun reruntuhan.

Arahan tersebut disampaikan Kepala Negara saat mengunjungi daerah terdampak gempa di Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11).

"Untuk korban yang masih tertimbun, saya perintahkan itu didahulukan evakuasianya. Penyelamatannya didahulukan," ujar Jokowi.

Selain itu, ia mengapresiasi kinerja seluruh pihak yang berhasil membuka kembali akses jalan yang sebelumnya terputus akibat longsor. Dengan demikian, bantuan yang akan dikirimkan kepada para korban di daerah bencana bisa terdistribusi dengan lancar.

Baca juga: Ganjar Pranowo Instruksikan Jajarannya Bantu Korban Gempa Cianjur

Jokowi mengaku, sejak informasi terkait gempa bumi muncul, ia langsung memerintahkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kepala BNPB, Kepala Basarnas serta Panglima TNI dan Kapolri untuk langsung bergerak melakukan upaya-upaya penyelamatan.

"Kemarin langsung sudah saya perintahkan Menko PMK, BNPB, Basarnas, TNI dan Polri juga Menteri PU-Pera untuk bersama-sama membantu utamanya terkait pembukaan akses dan evakuasi korban," tuturnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT