22 November 2022, 10:20 WIB

3 Juta Batang Rokok tak Bercukai Dimusnahkan BC Surakarta


Widjajadi |

BEA Cukai (BC) Surakarta musnahkan 3,85 juta batang rokok ilegal berbagai merk dan ratusan 385 minuman alkohol tanpa cukai serta alat sex toys senilai Rp 4,6 miliar, Selasa (22/11) di halaman belakang kantor BC setempat.

Kepala BC Surakarta, Yetty Yulianti mengatakan, pemusnahan atas barang milik negara (BMN) iti merupakan hasil tegahan periode Desember 2021 hingga Oktober 2022.

"Hasil dari kegiatan pemusnahan ini merupakan hasil sinergi antara BC Surakarra dengan Polri, TNI, dan Satpol PP se Solo Raya serta pengusaha jasa titipan," tukas dia.

Barang yang dimusnahkan, perhitungan potensi pungutan cukai sebesar Rp3,056 miliar, dari perkiraan nilai barang sebesar Rp 4,604 miliar.

Yetty menambahkan, modus pelanggaran yang banyak dilakukan adalah menggunakan jasa titipan atau membeli secara online, baik itu rokok, minuman keras ilegal atau tidak bercukai. Begitu halnya sex toys, kondom, dan benih tanaman.

Yang jelas, ungkap Yetty, tujuan dari kegiatan pemusnahan barang kena cukai (BKC) ilegal itu sebagai upaya mengamankan penerimaan negara, mengendalikan konsumsi serta menciptakan iklim usaha yang lebih sehat. (OL-13)

Baca Juga: Bea Cukai Bandung dan Satpol PP Tangkap Kawanan Pengedar ...

 

BERITA TERKAIT