18 November 2022, 15:07 WIB

Resmikan Desa Wisata Tamansari, Banyumas Gelar Festival Kamandaka Ciptarasa


Lilik Darmawan |

PEMERINTAH Desa (Pemdes) Tamansari, Kecamatan Karanglewas, Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), menggelar Festival Kamandaka Ciptarasa pada Sabtu-Minggu (19-20/11). Gelaran budaya ini merupakan yang pertama kali sekaligus menandai Tamansari sebagai desa wisata.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas Asis Kusumandi mengatakan pagelaran budaya yang diselenggarakan pada akhir pekan tersebut merupakan bagian dari peresmian desa wisata.

"Banyak sekali kegiatan yang digelar. Ini merupakan acara budaya sekaligus peresmian desa wisata yakni Tamansari," kata Asis, Jumat (18/11).

Dijelaskan oleh Asis, selain peresmian desa wisata, ada beragam acara yang digelar di antaranya kontes 1.000 lutung, kirab pusaka dan Sendratari Kamandaka Ciptarasa.

"Ada juga ketoprak tobong dengan judul Kamandaka Ciptarasa, peluncuran komik Babad Pasirluhur Raden Kamandaka dan pada malam harinya ada 1.000 balon," ucapnya.

Baca juga: Digitalisasi Sektor Wisata Di Banyumas Terus Disempurnakan

Sedangkan hari Minggu (20/11) digelar Marak Iwak, bazar ayam hias, kontes ayam hias, pentas kesenian dan budaya dan pagelaran wayang kulit.

"Jadi, ada dua hari pagelaran budaya, sehingga diharapkan menjadikan Tamansari bisa dikenal apalagi sudah jadi desa wisata," tukasnya.

Untuk menjadi desa wisata, lanjut Asis, membutuhkan proses yang panjang dan ada penilaiannya. Sehingga diharapkan Desa Tamansari sebagai desa wisata mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung.(OL-5)

BERITA TERKAIT