16 November 2022, 21:01 WIB

Luapan Sungai Tutup Jalan Pacitan-Ponorogo, Macet 2 Km


Fajar Wiharjo |

JALAN raya Pacitan-Ponorogo, Jawa Timur, Rabu (16/11) sore, lumpuh akibat banjir dan longsor menutup jalan. Akibatnya, arus lalu lintas dari kedua arah macet total. Alat berat pun dikerahkan untuk membuka jalur.

Kemacetan yang terjadi di jalan raya Pacitan-Ponorogo, tepatnya di Desa Gegeran, Kecamatan Arjosari, Pacitan. Antrean kendaraan menuju arah Ponorogo macet, hingga sepanjang dua kilometer. Hal itu terjadi akibat banjir luapan anak Sungai Grindulu di desa setempat. 

Selain menggenangi jalan raya, banjir membawa lumpur yang menimbun badan jalan. Akibatnya, jalan tidak bisa dilalui kendaraan. Satu rumah warga yang berada di sisi jalan diterjang banjir sehingga lumpur masuk tempat tinggal itu. 

Untuk membuka kembali jalur ini, alat berat dikerahkan untuk membersihkan tumpukan lumpur. Menurut keterangan Kepala Desa Gegeran, Mariska Hendriana, sebelumnya hujan deras dengan durasi yang cukup lama mengguyur kawasan sekitar. 

Selain membuat debit air sungai meluap, hujan deras menyebabkan longsor. Menurut pantauan dari kepolisian, terdapat dua titik longsor di sepanjang jalur Pacitan-Ponorogo. "Untuk sementara waktu jalur tidak bisa dilalui kendaraan dan harus menunggu proses pembersihan oleh petugas," tutur Iptu Amrih Widodo, Kapolsek Arjosari. (OL-14)

BERITA TERKAIT