16 November 2022, 20:14 WIB

Cuaca Ekstrem Ancam Wilayah Bengkulu Hingga Beberapa Hari Ke Depan


Marliansyah |

CUACA ektrem diprediksi masih akan mengancam wilayah Bengkulu, hingga beberapa hari ke depan. Hujan dengan intensitas tinggi serta angin kencang diperkirakan masih berpotensi terjadi.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Fatmawati Bengkulu, Tri Widiarto  Fatmawati di Bengkulu, mengatakan, cuaca ekstrem hujan disertai dengan angin kencang yang terjadi di seluruh wilayah Provinsi Bengkulu. "Cuaca ekstrem akan terjadi  memiliki intensitas hujan sedang hingga deras yang disertai dengan angin yang berkekuatan tiga hingga 18 knot," katanya.

Cuaca ekstrem, lanjut dia, terjadi disebabkan adanya pusat tekanan endah dan masuknya uap air di Samudera Hindia Barat Sumatera ke wilayah Bengkulu, sehingga memicu terbentuknya awan hujan. Selain itu, perairan Bengkulu, juga berpotensi terjadi gelombang tinggi yang mencapai empat meter.

"BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada akan terjadinya bencana alam seperti tanah longsor, banjir dan lainnya yang dapat terjadi sewaktu-waktu," imbuhnya.

Saat cuaca ekstrem, kata dia, para nelayan dan kapal tongkang untuk sementara tidak melaut karena adanya gelombang tinggi di perairan 
Enggano Bengkulu, yang mencapai empat meter. Gelombang tinggi tersebut disebabkan karena pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari timur menuju tenggara dengan kecepatan angin berkisar lima hingga 20 knot. (OL-15)

BERITA TERKAIT