15 November 2022, 21:12 WIB

Sulteng Targetkan Turunkan Angka Stunting Menjadi 11% Pada 2024


M Taufan SP Bustan |

PEMERINTAH Sulawesi Tengah (Sulteng), optimistis bisa menurunkan kasus stunting menjadi 11 persen pada 2024. Pj. Sekdaprov Sulteng, Rudy Dewanto mengatakan, saat ini prevalensi stunting Sulteng 29,7 persen. Angka tersebut memang terbilang tinggi.

"Dengan penanganan yang intensif kami lakukan bersama semua sektor, kami optimistis stunting bisa ditekan sampai 11 persen pada 2024 mendatang," terangnya, Selasa (15/11).

Menurut Rudy, penurunan angka tersebut dapat tercapai, dengan pelbagai upaya yang telah dilakukan oleh Sulteng. Beberapa diantaranya telah dibentuk Tim Pendamping Keluarga (TPK), TimAudit Stunting, dan Satgas Stunting. 

"Ditambah lagi dukungan aplikasi siap nikah dan hamil, untuk pendampingan ke pasangan usia subur mencegah stunting sejak seribu hari pertama kehidupan," ungkapnya. 

Keberadaan TPK, Tim Audit Stunting, dan Satgas Stunting, menurut Rudy, adalah salah satu di antara pelbagai upaya Sulteng untuk menindaklanjuti Perpres nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, yang mana menargetkan prevalensi stunting nasional tahun 2024 tinggal 14 persen. 

"Semoga dengan semua upaya tersebut percepatan penurunan prevalensi stunting di Sulteng tercapai 11 persen," tandasnya. (OL-15) 

BERITA TERKAIT