15 November 2022, 15:35 WIB

Angka Stunting di Sulsel Masih Tinggi Ditargetkan Turun jadi 14% pada 2024


Lina Herlina |

PEMERINTAH Provinsi Sulawesi Selatan menargetkan angka stunting bisa mencapai angka 14% dua tahun mendatang atau pada 2024. Saat ini angka stunting di Sulsel masih bertengger di 27,4%.

" Untuk mencapai target tersebut tentu dibutuhkan pemetaan dan indentifikasi yang kuat, mengetahui pasti sejauh mana progres penurunan sunting. Jadi kita butuh data, pemetaan, indentifikasi, lalu harus lengkap ini semua karena ini penting lalu kita lakukan monitoring dan evaluasi," ujar Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Hayat, Selasa (15/11/2022)

Sementara itu, Kepala Perwakilan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulsel, Hj Andi Ritamariani meyakini, target itu bisa tercapai, meski sekarang masih di 27,4% dari sebelumnya 30,6%

Sebab, jelas Hj Andi Ritamariani, semua kabupaten/kota di Sulsel, sudah terbentuk tim percepat penurunan sunting. "Di 24 kabupaten/kota sudah ada semua timnya, sehingga Sulsel masuk daerah dengan penurunan angka stunting tercepat," ungkap Rita.

Hanya saja, angka 27,4% itu kata Rita, masih lumayan tinggi dibanding angka rata-rata nasional yang 24%. "Setiap unsur pemerintah harus bekerja sama untuk menurunkan sunting baik pemerintah provinsi maupun kabupaten kota," katanya.

Sebagai salah satu langkah penurunan stunting, ada pembagian telur 90 ribu butir untuk 11 kecamatan di Kota Makassar. "Itu untuk tahap pertama, sementara tahap selanjutnya akan dibagikan kepada empat kecamatan lagi," lanjut Rita.

Bantuan itu merupakan pemberian dari orang tua asuh, untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang bagi penurunan sunting bersama PT Satwa Utama Raya. (OL-13)

BERITA TERKAIT