01 November 2022, 18:40 WIB

Ratusan Ribu Warga Brebes Sandang Kemiskinan Ekstrem


Supardji Rasban |

SEBANYAK 17,43 persen atau sekira 314.950 warga Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dari total 1,9 juta jiwa masuk kategori masyarakat miskin. Dari jumlah warga miskin tersebut, 197.520 jiwa masuk kategori miskin ekstrem.

Data tersebut diungkapkan Bupati Brebes Idza Priyanti saat memberikan bantuan sosial modal usaha untuk menanggulangi kemiskinan ekstrem. "Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes terus gencar keroyokan menanggulangi kemiskinan ekstrem. Upaya tersebut dilakukan dengan cara melibatkan peran dan intervensi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, melalui berbagai kegiatan pelatihan dan bantuan stimulant modal usaha," ujar Idza, Selasa (1/11).

Idza mengaku saat ini pihaknya tengah melakukan transformasi upaya penanggulangan kemiskinan dengan pemberdayaan masyarakat miskin melalui berbagai pelatihan. Seperti budidaya jamur, pelatihan pengembangan usaha pangan dan pelatihan kewirausahaan bagi kelompok masyarakat rentan kemiskinan. Dengan demikian warga yang dibantu atau yang dilatih memiliki bekal usaha yang nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

"Pelatihan tersebut antara lain Budidaya Jamur oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan desa dengan sasaran 100 orang di 4 Kecamatan yakni Bulakamba, Losari, Ketanggungan dan Kecamatan Larangan. Para peserta mendapatkan bantuan modal usaha Rp600 ribu/orang. Selain itu, masing-masing peserta juga menerima bantuan 25 tempat tanam jamur, "terang Idza.

Idza menyebut Pelatihan Pengembangan Usaha Pangan yang digawangi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan berupa kegiatan Ekonomi Produktif yakni membuat makanan ringan seperti keripik pisang dan gorengan. "Seluruh peserta diberi stimulant modal usaha berupa seperangkat alat usaha dan bahan pembuat produk makanan, " ucapnya.

Menurut Bupati, Dinas Sosial memberikan Pelatihan Kewirausahan bagi masyarakat rentan miskin yang menjadi sasaran pelatihan. Mereka dilatih cara pengemasan produk UMKM dan cara pemasaran online serta diberikan bantuan stimulant sebesar Rp1 juta.

"Untuk DP3KB dengan cara meningkatkan produktivitas ekonomi perempuan untuk penanggulangan kemiskinan ekstrem. Sebanyak 76 perempuan dari 11 kecamatan se-Kabupaten Brebes," jelas Idza.

Sedangkan Dinas Perikanan mengentaskan kemiskinan dengan memberikan pelatihan budidaya ikan lele dan pembibitan ikan. "Kegiatan dipusatkan di Kecamatan Bulakamba, Ketanggungan, dan Bumiayu," pungkasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT