31 October 2022, 19:40 WIB

BWA Gelar Kegiatan 'Raja Ampat Mengaji' dan Angkat Eksistensi Muslim di Papua Barat 


mediaindonesia.com |

SETELAH sukses mengadakan kegiatan di Karimata Mengaji, Jogja Mengaji, dan 4 kota lainnya (Riau, Jakarta, Bekasi dan Cimahi), Badan Wakaf Al Qur'an (BWA) kembali menyelenggarakan rangkaian kegiatan Indonesia Mengaji yang kali ini diadakan di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Kegiatan yang bertajuk "Raja Ampat Mengaji" merupakan bagian dari komitmen BWA untuk menghadirkan pembinaan dalam bentuk syiar dan tabligh akbar di seluruh wilayah pelosok yang telah terdistribusi Al-Qur’an Wakaf. Untuk di wilayah Papua Barat,

BWA telah mendistribusikan sebanyak 60 ribu Al-Qur’an wakaf. Selain itu tujuan diadakannya Tabligh Akbar di Raja Ampat Papua Barat ini adalah untuk memperkenalkan kepada dunia luar khususnya Indonesia akan keberadaan Islam di Papua. 

Kegiatan Raja Ampat Mengaji diselenggarakan selama 5 hari berturut-turut sejak 23 Oktober sampai 27 Oktober 2022 diwWilayah 4 wilayah sekaligus, yaitu Masjid Agung Waisai, Kampung Kalobo Salawati Tengah, Lapangan Harapan Jaya Distrik Misool dan terakhir di Masjid Agung Al-Akbar Kota Sorong.

Baca juga: Lawan Ujaran Kebencian Sejak Dini dengan Memahami Muatan Alquran

Kali ini BWA mengajak Ustadz Hilmi Firdausi dan Teteh Khadijah Peggy Melati Sukma untuk berkeliling memberikan tausiyah bagi Warga Raja Ampat Papua Barat.

Kegiatan Tabligh Akbar yang diawali di Masjid Agung Waisai pada 23 Oktober 2022 mendapat sambutan yang meriah dari warga, tanpa terkecuali sambutan dari  Sekda Raja Ampat, Dr.Yusuf Salim, M.Si.

“Kami selaku pelaksana pemerintahan di Kabupaten Raja Ampat mendukung dan menyambut baik kegiatan ini dalam rangka meningkatkan akhlaqul karimah warga masyarakat dan menunjukkan eksistensi muslim di Papua Barat ini,” kata Yusuf dalam keterangan pers, Senin (31/10).

Warga kampung Kalobo Salawati tengah juga tidak kalah semangatnya, di hari kedua Tabligh Akbar diadakan di Masjid Nurul Huda Kampung Sakabu Salawati Tengah.

Warga yang sebagian besar kaum ibu turut hadir dan khusuk mendengarkan tausiyah dari pada narasumber.

“Alhamdulillah warga Kampung Kalobo sangat senang dengan kehadiran Ustadz dan Ustadzah ke sini, selama ini belum pernah sekalipun kami didatangi penceramah dari Jakarta, terima kasih BWA,” tutur Ustadz Dwi Irianta selaku penggerak dakwah di Kampung Kalobo, Salawati Tengah. 

Lokasi ketiga Tabligh Akbar diadakan di Distrik Misool, sengaja panitia menyiapkan acara di lapangan Harapan Jaya karena ternyata antusias warga untuk datang ke lokasi sangat besar.

Di tengah cuaca panas, warga tetap semangat berbondong-bondong hadir ke lokasi walaupun harus menyeberangi lautan selama kurang lebih 2 jam menggunakan kapal kayu. 

Ucapan terima kasih juga disampaikan H. Harun Sapua selaku Pimpinan Distrik Misool.

“ini adalah acara Tabligh Akbar  yang terbesar dan pertama di Raja Ampat khususnya Distrik Misool Raya, kami warga Misool sangat terharu dengan kepedulian BWA terhadap perkembangan dakwah di sini;" kata Hasan.

"Terlebih lagi sekarang membawa sekaligus 2 orang Penceramah nasional untuk datang ke Raja Ampat, ini suatu keberkahan yang besar,” ungkapnya sambil menangis. 

Kegiatan ditutup dengan Tabligh Akbar di Masjid Agung Al-Akbar Kota Sorong pada Kamis (27/10). Jamaah yang hadir sangat banyak dan antusias mendengarkan tausiyah dari Ustadz Hilmi Firdausi dan Teh Khodijah Peggy Melati Sukma.

Melalui kegiatan Raja Ampat mengaji ini, BWA menargetkan sosialisasi Projek-projek di Papua dapat lebih maksimal dan dapat segera terwujud sehingga manfaatnya dapat segera dirasakan oleh masyarakat Papua Barat pada umumnya. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT