31 October 2022, 18:05 WIB

Kapal Pengangkut Rombongan Jemaah Umrah Asal Sumenep Tengggelam


Mohammad Ghazi |

KAPAL Motor Mila Safari Indah tenggelam sesaat setelah bertolak dari Pelabuhan Gayam, Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Senin (31/10). Kapal tersebut tenggelam setelah menabrak karang sekitar  1 mil laut dari pelabuhan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Para nelayan dan warga yang berada di sekitar pelabuhan segera memberi pertolongan kepada para penumpang menggunakan perahu. Namun barang bawaan, termasuk tiga unit sepeda motor tidak dapat diselamatkan.

Petugas Otoritas Pelabuhan Sapudi, Hasyim Asyari, mengatakan saat akan bertolak menuju Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo, kapal berjalan terlalu ke timur dan menabrak karang. Padahal di tempat itu sudah ada tanda agar perahu maupun kapal tidak melintasinya.

"Sudah ada tanda bahwa di wilayah itu ada karang. Mungkin nakhoda kurang memperhatikannya," katanya.

KM Mila Safari, mengangkut 77 orang terdiri dari 71 penumpang dewasa dan 6 orang anak-anak. Mereka merupakan rombongan jamaah umrah yang akan berangkat melalui Kabupaten Situbondo dan pengantarnya. "Semua penumpang selamat. Kecuali kapal dan sebagian barang bawaan mereka ikut tenggelam," kata Hasyim Asyari. (OL-15) 

BERITA TERKAIT