28 October 2022, 12:24 WIB

Kawasan Wisata Umbul Jumprit Ditata Ulang


Tosiani |

KAWASAN wisata Umbul Jumprit di Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah akan ditata ulang dengan proyek pengembangan kawasan wisata dan konservasi air secara multiyears

Bupati Temanggung M Al Khadziq mengatakan Umbul Jumprit adalah sumber mata air yang memiliki banyak fungsi. 

Umbul Jumprit merupakan hulu dari Sungai Progo dan tempat umat Buddha mengambil air suci yang menjadi sarana puja pada setiap perayaan Waisak. 

Baca juga: Menikmati Kesejukan dan Kedamaian di Wisata Spiritual Umbul Jumprit

Jumprit terletak di daerah pegunungan, memiliki hutan yang dikelola oleh Perhutani dan berfungsi sebagai pariwisata untuk masyarakat.

"Temanggung tentu ingin kawasan ini berkembang sebagus mungkin, agar semua aspek bisa terlayani secara lebih baik lagi, syukur-syukur bisa maksimal dalam setiap aspeknya," katanya, Jumat (28/10).

Dikatakan, pemerintah telah memfasilitasi pembangunan dan pengembangan Jumprit menjadi kawasan pariwisata dan lahan konservasi air yang memiliki banyak manfaat untuk masyarakat. 

Pembangunan dilakukan secara multiyears. Untuk tahap pertama ini bernilai Rp30 miliar lebih. 

Dana tersebut untuk pembuatan tanggul sungai, penanaman pohon, pengaliran air bersih ke beberapa kecamatan, dan pembangunan jalan.

Bupati berharap setelah dibangun nanti dapat memberikan manfaat yang lebih baik untuk masyarakat dengan berputarnya ekonomi, pertumbuhan UMKM, dan kesejahteraan masyarakat. (OL-1)

BERITA TERKAIT