26 October 2022, 21:09 WIB

Tanah Longsor Landa Sejumlah Kecamatan di Bojonegoro


M Yakub |

BENCANA tanah longsor melanda beberapa kecamatan di Bojonegoro, Jatim, Rabu (26/10). Akibat kejadian ini, sebuah jembatan mengalami ambles karena longsor, satu rumah rusak akibat tertimpa material longsoran serta beberapa bangunan rumah lainnya terancam.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Sedangkan, kerugian materi masih dalam pendataan. Longsor dan banjir bandang ini terjadi di Kecamatan Malo dan Padangan.

Berdasarkan data dari BPBD setempat menyebutkan, bencana tanah longsor itu terjadi di Kecamatan Padangan dan Malo akibat hujan deras hujan intensitas tinggi, Selasa (25/10) petang. Kondisi tersebut menyebabkan Kali Tambakromo di Kecamatan Malo meluap mengakibatkan satu rumpun bambu dan sampah terbawa arus sehinggah menutup aliran air di bawah jembatan.

Akibat kejadian tersebut, jembatan penghubung antara Dusun Tambakromo dengan Desa Tambakromo ambles sepanjang 18,5 meter. "Untuk sementara jembatan tidak bisa di lalui kendaraan baik roda 4 maupun roda 2," kata Kalaksa BPBD Bojonegoro, Ardhian.

Longsor juga terjadi di Dusun Ngudal, Desa Kedungrejo, Kecamatan Malo. Akibatnya, rumah milik Didik, 49, mengalami kerusakan. Dinding rumah korban sepanjang 10 x 9 meter roboh. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Tanah longsor juga terjadi di Desa Kebonagung RT 06/ RW 03 Kecamatan Padangan. Bencana ini terjadi, lanjut dia, dipicu karena tebing sungai Kebonagung mengalami longsor tepatnya disamping rumah Sutono, warga setempat.

Longsor sepanjang 12 meter dengan kedalaman 3 meter itu mengancam rumah warga dan bangunan kandang ternak hanya tersisa 50 cm dari bibir sungai. Jarak rumah warga tinggal sekitar 6 dan kandang ternak tinggal hanya tinggal 3 meter dari bibir sungai. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT