26 October 2022, 17:30 WIB

Kabupaten Agam Catat Empat Kasus Gangguan Ginjal Akut


Yose Hendra |

KABUPATEN Agam, Sumatera Barat mencatat adanya empat kasus gangguan ginjal akut pada anak. Satu pasien diantaranya meninggal dunia.

Empat kasus gangguan ginjal akut tersebut dialami warga Kecamatan Malalak, Ampek Nagari, Palembayan dan Tanjung Mutiara. Usia penderita mulai dari batita, anak-anak dan remaja.

"Penyebabnya kita belum tahu pasti. Tapi ini diduga dari obat-obatan  sirup yang mengandung etilen glikol," ujar Kepala Dinas Kesehatan Agam Hendri Rusdian, Rabu (26/10).

Ia mengatakan, BPOM sudah merilis berbagai sirup cair diduga mengandung etilen glikol,  yang jadi penyebab terjadinya gagal ginjal akut. Dengan begitu, ia minta rumah sakit, puskesmas, klinik dan praktek dokter untuk sementara tidak gunakan sirup cair yang sudah dirilis itu.

Hendri menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polres Agam,  sekaligus membentuk tim untuk melakukan pengawasan apotek di daerah itu. "Tim akan mengawasi apotek, supaya tidak menjual obat sirup yang mengandung etilen glikol," sebutnya.

Ia juga mengimbau, jika Puskesmas menemukan gejala yang mengarah pada gagal ginjal akut agar cepat ditangani atau segera melakukan rujukan ke rumah sakit. (OL-15)

BERITA TERKAIT