25 October 2022, 21:32 WIB

Suplai Air Baku di IKN Nusantara, PUPR Bangun Intake Sungai Sepaku


Ficky Ramadhan, Insi Nantika Jelita |

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah melanjutkan pembangunan infrastruktur dasar pendukung Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara.

Salah satunya, pembangunan Intake Sungai Sepaku berkapasitas 3000 liter/detik untuk menyuplai air baku. Pada tahap awal di 2022-2024, pembangunan yang akan menjadi prioritas Kementerian PUPR meliputi KIPP seluas 6.671 hektare (ha).

"Kita ingin menghasilkan karya infrastruktur yang berkualitas yang memperhatikan lingkungan. Pembangunan IKN merupakan sejarah baru untuk mewujudkan peradaban baru," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangannya, Selasa (25/10).

Baca juga: Presiden Optimistis Gelar Upacara Kemerdekaan di IKN pada 2024

Intake Sungai Sepaku dibangun dengan konsep Bendung Gerak (obermeyer) dan memiliki lebar bendung 117,2 meter, serta tinggi bendung 2,3 meter. Tempat tersebut dibangun untuk menyediakan air baku sebesar 3.000 liter/detik, yang dikerjakan mulai Oktober 2021 sampai April 2023.

"Saat ini progres fisiknya sebesar 38%, masih on schedule,” imbuh Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV Harya Muldianto.

Adapun pekerjaan meliputi tubuh bendung (main dam), dinding bendung, feeder canal, kantong lumpur, dinding hilir dan hulu, pekerjaan apron, kolam olak, serta pekerjaan Building Information Modelling (IBM).

Baca juga: Waskita dan PP akan Bangun Komplek Istana Kepresidenan senilai Rp2,69 Triliun

Saat ini, PUPR tengah melaksanakan pembersihan di area tugu bendung. Area terbuka ini untuk bangunan intake. Setelah ada bangunan intake, aliran air dari Sungai Sepaku masuk ke arah kantong lumpur, lalu dipompa dari rumah pompa.

"Untuk pekerjaan pondasinya sendiri sudah selesai,” jelasnya.

Pembangunan Intake Sungai Sepaku juga dipercepat, agar dapat segera memenuhi penyediaan air baku di IKN Nusantara. Targetnya, untuk commissioning test pada akhir Desember ini.

Dalam mendukung infrastruktur penyediaan air baku di kawasan IKN Nusantara, Kementerian PUPR juga menyelesaikan pembangunan Bendungan Sepaku Semoi, yang ditargetkan rampung pada awal 2023.(OL-11)

BERITA TERKAIT