25 October 2022, 19:42 WIB

Cuaca Ekstrem Berpotensi Landa Sebagian Wilayah Sumsel


Dwi Apriani |

BADAN  Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), merilis beberapa wilayah di Sumatera Selatan (Sumsel) dalam sepekan ke depan berpotensi mengalami cuaca ekstrem yakni hujan sedang hingga deras.

Kepala Stasiun Stasiun Meteorologi Kelas II Sultan Mahmud Badaruddin II, Desindra Deddy Kurniawan menjelaskan curah hujan dengan intensitas sedang hingga deras yangh disertai kilat atau petir serta angin kencang dalam sepekan ke depan berpotensi terjadi di  Kabupaten Banyuasin, Lahat, Muara Enim, Musi Rawas.

Selain itu ada pula, Lubuk Linggau, Musi Banyuasin, Musi Rawas Utara, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Selatan, Ogan Komering Ulu Timur dan Kota Pagaralam.

"Pada cuaca ekstrem ini pihak-pihak terkait diharapkan dapat melakukan persiapan memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan," jelasnya.

Juga melakukan penataan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan pemotongan lereng atau penebangan pohon yang tidak terkontrol serta melakukan program penghijauan secara lebih masif. "Diimbau juga melakukan pemangkasan dahan dan ranting pohon yang rapuh serta menguatkan tegakan atau tiang agar tidak roboh tertiup angin kencang," ucapnya.

BMKG juga berharap sosialisasi, edukasi, dan literasi dilakukan secara lebih masif untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian pemerintah daerah, masyarakat serta pihak terkait.

"Utamanya dalam pencegahan atau pengurangan risiko bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, banjir bandang, angin kencang, puting beliung dan gelombang tinggi. Diharapkan juga lebih mengintensifkan koordinasi, sinergi, dan komunikasi antar pihak terkait untuk kesiapsiagaan antisipasi bencana hidrometeorologi," pungkasnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT