25 October 2022, 18:04 WIB

BSI dan BSI Maslahat Bantu UMKM di Sumatra Barat


Mediaindonesia.com |

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan BSI Maslahat meluncurkan Program UMKM BSI Klaster Kopi Solok Selatan. Peresmian ini ditandai dengan penyerahan bantuan sebesar Rp500 juta kepada perwakilan kelompok tani Kopi PTL Coffee Farm. 

Hadir dalam acara ini Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Bupati Solok Selatan Khoirunas, Wakil Bupati Solok Selatan Yulia Efi, Regional CEO BSI Region 3 Palembang Wachjono, Area Manager BSI Padang Aidil Bustamir, dan Direktur Innovation & Empowerment BSI Maslahat Fauzi Indrianto. 

Regional CEO BSI Region 3 Palembang Wachjono berharap bantuan itu bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan kelompok tani Kopi PTL Coffee Farm. 

“BSI dan BSI Maslahat, siap untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam berbagai program untuk membantu dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Sumatera Barat,” kata Wachjono. 

Saat ini total anggota kelompok tani Kopi PTL Coffee Farm sebanyak 19 orang. BSI dan BSI Maslahat berupaya untuk terus berkontribusi dan memfasilitasi para pelaku UMKM khususnya di Sumatra Barat. Pada tahun ini selain di Solok Selatan, BSI juga akan memfasilitasi para petani Jeruk Siam di Kampung Sarugo, Lima Puluh Kota untuk memulihkan Kawasan wisata Sarugo dan petani jeruk pasca pandemi. 

Baca juga : Wagub Jateng Apresiasi Pemberdayaan UMKM di Tegalrejo Kebumen

Selain itu, saat ini BSI juga membantu setidaknya 55 orang mahasiswa dan 61 pelajar tingkat SMP dan SMA melalui program Beasiswa Scholarship dan Beasiswa Pelajar. BSI dan BSI Maslahat juga terlibat dan berkontribusi dalam aksi sosial kemanusiaan dan penanggulangan bencana termasuk yang baru-baru ini terjadi di Pasaman.

Program UMKM BSI Klaster Kopi Solok Selatan adalah salah satu program pemberdayaan ekonomi masyarakat lanjutan dari BSI Maslahat Sociopreneur. Dalam Program beasiswa wirausaha untuk mahasiswa ini,  Supriyanto adalah salah satu penerima beasiswa tersebut dari Universitas Andalas.  

Program BSI Maslahat Sociopreneur bukan hanya membantu mahasiswa dalam aspek keilmuan namun juga berupaya meningkatkan motivasi kewirausahaan sehingga setelah selesai masa kuliah para penerima manfaat akan menjadi wirausahawan yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan. 

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari Bank Syariah Indonesia dalam melakukan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas.

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign Go Happy. Program campaignnya meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT