25 October 2022, 09:24 WIB

PLN Operasikan Infrastruktur Baru untuk Keandalan Listrik di Madura


Insi Nantika Jelita |

PT PLN (Persero) melakukan pemberian tegangan pertama atau energize Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kiloVolt (kV) Bangkalan-Tx. Langkah ini dilakukan untuk mengoptimalkan pasokan listrik di Jawa Timur, khususnya wilayah Madura.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (UIP JBTB) Muhammad Ramadhansyah menuturkan berhasilnya pemberian tegangan pertama SUTT 150 kV Bangkalan-Tx ditujukan untuk meningkatkan keandalan listrik di Pulau Madura. "Hal ini sebagai upaya memberi layanan terbaik kepada masyarakat," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (25/10).

Transmisi dengan panjang lintasan 25,4 kilometer sirkuit (kms) yang terdiri dari 35 tower, saat ini terhubung dengan infrastruktur SUTT 150 kV Ujung-Bangkalan-Kenjeran.

Ke depannya SUTT 150 kV Bangkalan-Tx akan terhubung langsung dengan Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 kV Kedinding-Tx Bangkalan sirkuit 3 dan 4 yang masih direncanakan beroperasi di tahun 2023.

Dengan beroperasinya transmisi kelistrikan SUTT 150 kV Bangkalan-Tx, cadangan daya Pulau Madura untuk saat ini meningkat sebesar 150 MW.

Lebih lanjut Ramadhansyah menyampaikan bahwa Infrastruktur ini nantinya merupakan satu rangkaian dengan pembangunan SKTT 150 kV Kedinding-Tx Bangkalan sirkuit 3 dan 4 yang sedang dikerjakan konstruksinya dan direncanakan beroperasi pada 2023.

“Upaya yang dilakukan PLN ini selalu berkoordinasi dengan stakeholder terkait. Lewat sinergitas yang tinggi, kedua infrastruktur ini dapat beroperasi tepat waktu," pungkasnya. (OL-12)

BERITA TERKAIT