24 October 2022, 08:15 WIB

Mami Kepoo Gandeng NU Buka Toko Online-Ofline di Kota Tegal


Supardji Rasban |

PROGRAM Kemitraan Mami Kepoo atau kepanjangan dari Market Mini Ketahanan Pangan Online-Offline, dengan jargon Belanja Pintar, Harga Murah, Pasti Hemat diluncurkan di Kota Tegal, Jawa Tengah.

Launching Kemitraan Mami Kepoo digelar di kios Mami Kepoo, di Jalan Kol Sugiono No 95 Kelurahan Kemandungan, Kecamatan Tegal Barat, Minggu (23/10/2022) sore.

Direktur PT Merdeka Peken Raya Baenal Amri, menyampaikan Mami Kepoo samahalnya dengan warung atau toko kebutuhan pokok lainnya, yang menyediakanminyak goreng, beras, telur, daging ayam, dan kebutuhan pokok lainnya yang bisa dibeli secara online atau offline.

"Konsumen bisa mendownload aplikasi Mami Kepoo melalui app store, dan sudah bisa digunakan untuk pembelian secara online, dan barang yang dibeli akan diantarkan," ujar Baenal Amri.

Sebelum di Kota Tegal, Mami Kepoo sudah berjalan di Kabupaten Tegal, dan ditargetkan akan membuka sebanyak 1.000 mitra yang tersebar baik di Kota maupun di Kabupaten Tegal.

"Siapapun bisa menjadi mitra dan membuka Mami Kepoo, dan permodalan mudah tanpa agunan, yang didukung oleh BRI," terang Baenal Amri.

Baenal Amri menyebut rencananya setelah Kabupaten dan Kota Tegal, Mami Kepoo akan terus berekspansi ke Brebes, Pekalongan hingga Batang. "Harga barang-barang yang ditawarkan Mami Kepoo lebih murah dibandingkan harga pasaran," ucapnya.

Ketua Pimpinan Cabang (PC) NU Kota Tegal, Abdal Hakim Tohari, menjelaskan Mami Kepoo merupakan bentuk kemitraan usaha bersama PC NU Kota Tegal. Untuk Kota Tegal ditargetkan akan ada 40 titik Mami Kepoo, namun untuk saat ini yang baru mendaftar ada 12 titik.

"Dalam kemitraan ini ada kesepakatan 10% dari laba yang didapat oleh pihak penyedia Mami Kepoo akan diberikan kepada PC NU. Dengan kata lain, konsumen yang berbelanja juga akan turut mengembangkan PC NU Kota Tegal, " jelas Abdal Hakim.

CEO Merdeka Grup Indonesia, Dewi Aryani, menyampaikan PT Merdeka Peken Raya merupakan bagian dari Merdeka Grup Indonesia. Sedangkan program kemitraan Mami Kepoo merupakan program pemberdayaan masyarakat, baik dari UMKM-nya ataupun dalam penyediaan bahan pokoknya.

"Mami Kepoo menjual hasil produksi dari masyarakat sendiri, dengan harga yang terjangkau dengan cara yang cerdas, yakni bisa dengan online. Ada berupa beras, minyak goreng dan lain sebagainya, " ujar Dewi Aryani.

Dewi Aryani menyebut Merdeka Grup Indonesia memiliki 17 anak perusahaan, salah satunya ada yang mengelola beras dari petani, dengan kapasitas 100 ton perhari. Sehingga saling keterkaitan, "Program tersebut dari masyarakat untuk masyarakat," jelas Dewi Aryani.

Dewi yang juga anggota Komisi IX itu, tertarik bekerjasama dengan NU lantaran merupakan
bagian dari keluarga NU. "Kakek saya dulunya merupakan pengurus NU. Jadi saya tergerak untuk bisa memberikan manfaat bagi PC NU Kota Tegal," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Pj Gubernur Banten Al Muktabar Ajak Optimalkan Pekarangan Rumah Untuk Ketahanan Keluarga

 

BERITA TERKAIT