23 October 2022, 23:23 WIB

5 Warga Tulungagung Tertimbun Saat Bersihkan Material Longsor, 3 Tewas


mediaindonesia.com |

SEBANYAK tiga orang warga tewas dan dua lainnya luka parah tertimbun longsor susulan saat mereka kerja bakti membersihkan material longsor sebelumnya yang menutup akses jalan raya Bantengan, Desa Nyawangan, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Minggu (23/10).
 
Insiden yang terjadi sekitar pukul 16.00 WIB itu membuat warga sekitar yang ikut gotong-royong sontak gempar dilanda kepanikan seketika kejadian.
 
"Beberapa orang yang berada persis di bawah longsoran pertama tidak sempat menghindar saat longsor susulan terjadi," kata Kepala Desa
Nyawangan Yoko Dwi Mukarom.
 
Akibatnya, lima warga tertimbun longsor. Satu orang meninggal di lokasi kejadian karena sekujur tubuh tertimbun longsor, dua orang meninggal saat dibawa ke rumah sakit, dan dua lainnya luka-luka.
 
Warga yang berada di posisi agak jauh dari titik longsor ataupun yang sempat menyelamatkan diri berlari menjauhi longsoran.


Baca juga: Puting Beliung Terjang Sidoarjo, Sejumlah Rumah dan Kendaraan Rusak

 
Mereka terpana melihat material longsor dari atas tebing bukit kembali menimbun jalan desa dan menimpa tubuh lima rekannya.

"Jarak longsor pertama dan kedua sekitar satu jam. Karena beberapa warga tertimpa material longsor, akhirnya dilakukan pencarian," papar
Yoko.
 
Dia melanjutkan, korban meninggal dalam insiden itu adalah Mulyono, 37 tahun, Darmani, 65, dan Kerno, 65, asal Dusun Bantengan, Desa Nyawangan, Kecamatan Sendang.
 
"Selain korban meninggal, ada juga dua korban yang mengalami luka-luka," kata Yoko.
 
Tiga korban tewas telah dibawa pulang oleh keluarga masing-masing untuk dimakamkan. Sedangkan dua korban luka berada di Puskemas Sendang.

"Keluarga akan memakamkan jenazah korban malam hari ini juga," kata Eko. (Ant/OL-16)

BERITA TERKAIT