12 October 2022, 21:38 WIB

Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi Di Sebagian Wilayah Bali


Ruta Suryana |

HUJAN dengan intensitas sedang hingga tinggi yang disertai angin kencang berpeluang terjadi di sebagian besar wilayah Bali dalam tiga hari ke depan. Warga diminta waspada agar terhindar dari bencana.

"Waspadai potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat di wilayah Bali bagian tengah dan barat," ujar Kepala BMKG Wilayah III Denpasar, Cahyo Nugroho dalam keterangan tertulis Rabu (12/10).

Selain potensi hujan lebat dan angin kencang, masyarakat juga diingatkan  untuk waspadai potensi gelombang laut di Selat Bali dan Selat Lombok yang tingginya berkisar antara 1-3 meter. Bahkan di perairan Selatan Bali berpotensi 1,5 hingga 3 meter, sedangkan di perairan utara Bali berkisar 0,5 sampai 2 meter.

Terkait hal tersebut, kepada masyarakat umum, nelayan, dan pelaku  aktivitas wisata bahari diimbau agar mewaspadai potensi tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di  sekitaran perairan utara dan selatan Bali. "Masyarakat agar selalu memperhatikan informasi BMKG khususnya peringatan dini cuaca ekstrem," demikian Cahyo. (OL-15)

BERITA TERKAIT