04 October 2022, 20:58 WIB

Pemprov Sulbar Temui Ganjar, Belajar Budaya Antikorupsi hingga Penanganan Stunting


Haryanto |

PEMERINTAH Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menemui Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo di Kantor Gubernur Jateng, Kota Semarang. Dalam kesempatan tersebut, Pemprov Sulbar belajar kepada Ganjar soal budaya antikorupsi hingga penanganan stunting di Jateng.

Seperti diketahui, pada 2019 lalu Pemprov Jateng dinobatkan sebagai provinsi paling berintegritas berdasarkan Hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sementara, Jateng di bawah kepemimpinan Ganjar berhasil menurunkan angka prevalensi stunting dari angka 27,7 persen menjadi 20,9 persen pada 2021 berdasarkan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI).

"Kami ingin belajar supaya bisa ke papan tengah lah supaya bisa menjaga integritas, budaya antikorupsi. Juga belajar tentang bagaimana kita melihat keberhasilan-keberhasilan Jawa Tengah menangani persoalan stunting," kata PJ Gubernur Sulbar Akmal Malik, Senin (3/10/2022).

Akmal mengatakan, Ganjar juga berhasil membawa Jateng mengurangi angka kematian ibu melahirkan hingga persoalan gizi masyarakat. Sebab itu, Akmal menyebut pihaknya ingin belajar kepada Ganjar agar bisa menyelesaikan persoalan-persoalan tersebut di Sulbar.

"Kemudian kami juga ingin belajar soal UMKM, bagaimana Jawa Tengah bisa mendorong UMKM punya showcase sendiri di banyak tempat. Karena Sulbar sendiri akan menjadi tetangga ibu kota baru juga, IKN. Itu kenapa kami mempersiapkan diri, banyak hal yang kami dapat," tuturnya.

Akmal pun berterima kasih kepada Ganjar yang sudah bersedia berbagi ilmu dan pengalaman kepada Pemprov Sulbar. Dia berharap, semua yang didapat dari Ganjar dan jajaran Pemprov Jateng dapat bermanfaat di Sulbar.

"Kami terima kasih kepada Pak Ganjar dan jajaran Pemprov Jawa Tengah, banyak hal yang kami dapat. Ini akan bermanfaat," tambahnya.

Sementara itu, Ganjar menyebut Pemprov Jateng selalu membuka ruang kepada seluruh stakehllder untuk saling berbagi pengalaman. Ganjar pun mengaku senang dna terhormat bisa berdiskusi bersama Pemprov Sulbar.

Ke depannya, Ganjar mengatakan Pemprov Jateng akan meningkatkan sektor perdagangan dengan menggandeng berbagai pihak, termasuk Pemprov Sulbar. Salah satu yang visa dikerjasamakan adalah industri cokelat.

"Kita akan punya pabrik cokelat di Batang. Kakao di sana (Sulbar) banyak sekali, kita bisa bekerja sama sebenarnya. Mungkin mencari investor, mungkin dari Jawa Tengah, investasi ke Sulbar, materialnya dari sana jadi itu sebenarnya lebih mendekatkan atau kemungkinan dengan cara yang lain," pungkasnya. (OL-13)

BERITA TERKAIT