03 October 2022, 15:50 WIB

Polda Sulawesi Utara Gelar Operasi Zebra 2022 Menjaring Pelanggar Aturan Lalu Lintas


Voucke Lontaan |


DIREKTORAT Lalu Lintas Polda Sulawesi Utara, menggelar Operasi Zebra Samrat 2022. Kegiatan ini  serentak dilaksanakan di wilayah teritorial Polda Sulut, selama 14 hari terhitung pada 3-16 Oktober 2022.

Ada delapan target dalam Operasi Zebra Samrat yang mengusung tema, "Tertib Berlalu lintas Guna Mewujudkan Kamseltibcarlantas yang Presisi ini," ujar Kapolda Sulawesi Utara Inspektur Jenderal Mulyatno, saat memimpim gelar pasukann Operasi Zebra Samrat 2022 di Lapangan Upacara Polda, di Manado, Senin (3/10).

Ia menambahkan target Operasi Zebra Samrat antara lain, pengendara yang menggunakan ponsel, dan pengendara di bawah umur. Selain itu, pelanggaran lalu lintas  berboncengan sepeda motor lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm dan sabuk pengaman, berkendara dalam pengaruh minuman beralkohol, melawan arus lalu lintas, melebihi batas kecepatan, dan kendaraan berknalpot bising maupun tidak dilengkapi tanda nomor kendaraan bermotor.

Operasi ini, lanjutnya, digelar dalam rangka cipta kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Tujuannya menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

"Operasi dilaksanakan dengan mengedepankan kegiatan preventif, edukatif dan persuasif serta humanis, didukung penegakan hukum secara elektronik atau teguran simpatik dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap Polri. Tentu saja dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19," jelas Irjen Mulyatno.

Dia menginstruksikan  kepada seluruh personel yang ditugaskan dalam pelaksanaan operasi ini, agar menjalin kerja sama yang aktif antar-institusi negara. "Tujuan kita adalah sama yaitu untuk melayani masyarakat."

Selain itu, lanjutnya, ia mewanti-wanti para aggota untuk menjaga keselamatan pribadi, dan kehormatan institusi dalam pelaksanaan tugas. "Wujudkan juga pelayanan aparat negara yang humanis dan bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme," tegasnya.

Mulyatno mengimbau warga terus meningkatkan kedisiplinan berlalu lintas, tidak hanya saat dilaksanakannya operasi kepolisian saja.

"Mari kita bangun, kita tingkatkan kedisiplinan kita. Supaya kita bisa menjadi bangsa yang maju dan memiliki daya saing dengan bangsa-bangsa lain sehingga kita bisa berdiri sejajar dengan bangsa-bangsa lain melalui upaya peningkatan kedisiplinan, salah satunya disiplin berlalu lintas," jelasnya.

Dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Samrat-2022 tersebut, Irjen  Mulyatno menyematkan pita tanda operasi dan menyerahkan bekal kesehatan secara simbolis kepada lima perwakilan personel, yakni dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan Jasa Raharja.
 
Kegiatan operasi melibatkan 680 personel Polda Sulut dan jajaran, serta ditambah dengan personel dari instansi terkait.

Turut hadir pada Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Samrat-2022 yakni, Wakapolda beserta para Pejabat Utama Polda Sulut, para pimpinan instansi terkait ataupun yang mewakili, serta tamu undangan lainnya. (N-2)

BERITA TERKAIT