30 September 2022, 18:25 WIB

Kriya Tenun Karya Pengrajin Flores Timur Diminati Berbagai Kalangan


Alexander Taum |

KEUNIKAN dan eksotisme kerajinan warisan leluhur Flores Timur, Nusa Tenggara Timur menarik minat pengunjung Pameran Nasional Kriyanusa yang berlangsung di Jakarta Convention Center. Sejumlah designer nasional maupun internasional menyatakan tertarik  untuk menggunakan produk yang dihasilkan UMKM asal Flores Timur itu.

Hal tersebut disampaikan Ketua PKK sekaligus Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Flores Timur, Ny. Stefani Sri Murtarti Rihi, S. Sos kepada Media Indonesia, Jumat (30/9). Ia mengatakan, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Flores Timur membawa kerajinan tenun ikat maupun anyaman lontar milik UMKM di Flores Timur untuk dipamerkan pada Pameran Nasional Kriyanusa di Jakarta, 21-25 September 2022.

"Kabupaten Flores Timur memiliki beragam potensi kerajinan warisan leluhur yang bernilai luhur baik secara filosofis maupun estetis. Kita juga punya para penggiat kerajinan yang ulet dan tangguh yang mencurahkan kecintaannya menghasilkan karya seni yang unik dan eksotik, melengkapi rasa rasa percaya diri team Dekranasda Flores Timur, mengikuti pameran berskala Nasional itu," ungkap Stefani.
Dikatakan beberapa desainer menyatakan tertarik dengan motif tenun Flores Timur yang unik. "Kehadiran Ibu Iriana Joko Widodo, Ibu Hetty Andika Perkasa ke stand Flores Timur menambah kebanggaan Kriya anyaman daun lontar karya pengrajin dari Riangkemie Flores Timur," jelasnya.

Pameran Nasional Kriyanusa merupakan pameran tahunan yang digagas oleh Dekranas RI, Kegiatan ini bertujuan mendukung dan memberi kesempatan kepada seluruh Dekranasda Provinsi, Kabupaten/Kota seluruh Indonesia menampilkan karya-karya unggulan kerajinan UMKM non pangan guna mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas secara regional, nasional maupun Internasional dalam event Nasional. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT