30 September 2022, 18:11 WIB

Pemkab OKU Minta BUMDes Fokus Kembangkan Desa Wisata


Dwi Apriani |

GEOGRAFIS di Kabupaten Ogan Komering Ulu sangat beragam. Tak hanya sungai, melainkan juga ada air terjun dan sebagainya. Karena adanya potensi pariwisata inilah, Pemerintah Kabupaten OKU mendorong badan usaha milik desa (BUMDes) di Kecamatan Ulu Ogan untuk mengembangkan potensi wisata air.

Hal ini sebagai upaya guna memacu pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat di daerah itu. "Fungsi BUMDes selain memberdayakan masyarakat juga mengembangkan potensi wisata yang ada di daerah masing-masing," kata Pejabat Bupati OKU, Teddy Meilwansyah.

Diakuinya, Kecamatan Ulu Ogan memiliki potensi alam yang sangat menarik untuk dikelola menjadi objek wisata air karena terdapat aliran Sungai Ogan yang dapat memicu adrenalin. Salah satunya di Desa Mendingin yang sudah memiliki objek wisata arung jeram dan jembatan gantung yang menarik untuk tempat berfoto bagi para pengunjung.

Pengembangan potensi wisata melalui BUMDes ini dapat ditiru oleh desa desa lain guna meningkatkan pendapatan desa. Karenanya, pemerintah daerah mendorong desa-desa lainnya di Kecamatan Ulu Ogan khususnya yang memiliki potensi wisata untuk dikembangkan melalui BUMDes yang menggunakan alokasi dana desa (ADD).

"Ada tujuh desa lainnya di Kecamatan Ulu Ogan selain Mendingin yang memiliki potensi seperti Desa Belambangan yang sangat berpotensi menjadi desa wisata yang diharapkan mampu mempercepat kebangkitan sektor pariwisata pascapandemi," jelasnya.

Dinas Pariwisata juga akan turut membantu pengembangan wisata alam di Kecamatan Ulu Ogan secara bertahap disesuaikan dengan alokasi anggaran daerah. "Diharapkan dengan dibukanya desa wisata ini dapat membuka lapangan kerja baru dan berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat," pungkasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT