28 September 2022, 17:22 WIB

PMI dan ICRC kembali Gelar Operasi Katarak di Manokwari Selatan 


Mediaindonesia.com |

SEBAGAI salah satu upaya membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan katarak di Indonesia, Palang Merah Indonesia (PMI) bersama dengan ICRC melaksanakan kegiatan operasi katarak gratis dan pembagian kacamata gratis kepada sekitar 300 warga di RSUD Elia Waran, Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat, pada 26-30 September 2022. 

PMI dan ICRC telah melakukan kegiatan operasi katarak gratis sejak 2006 untuk menjangkau wilayah Indonesia bagian timur. Kegiatan kali ini merupakan yang pertama kali setelah tertunda dua tahun akibat pandemi covid-19. 

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, penderita katarak di Indonesia mencapai sekitar 240.000 per tahun. Indonesia merupakan negara tertinggi di Asia dengan penyebab utama katarak. Prevalensi kebutaan di Indonesia mancapai angka 1,5%.

Menurut Kepala Divisi Kesehatan dan Sosial Markas Pusat PMI, Eka Wulan Cahyasari, mengatakan katarak disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari usia, gizi, gaya hidup, hingga riwayat penyakit yang diderita atau ketidaktahuan akan katarak itu sendiri oleh masyarakat. "PMI dan ICRC membantu mendekatkan akses masyarakat yang memiliki gangguan kesehatan mata dan harus menempuh jarak jauh, karena tidak tersedia layanan dokter mata di wilayahnya," jelas Eka.

Dalam kegiatan ini, PMI bersama ICRC bekerja sama dengan RS Pratama Elia Waran Manokwari Selatan, Dinas Kesehatan Manokwari Selatan, dan RS Dian Harapan Jayapura, Papua. (OL-14)

BERITA TERKAIT