28 September 2022, 16:52 WIB

Diduga Arus Pendek, Kebakaran Hanguskan 54 Kios Pasar Banjarsari


Mediaindonesia.com |

SEBANYAK 54 kios pedagang berada di Blok B Pasar Banjarsari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (28/9), sekitar pukul 23.15 WIB mengalami kebakaran. Penyebabnya diduga dari korsleting listrik. Kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, tetapi pemilik mengalami kerugian cukup besar.

Panit Intelkam Polsek Banjarsari Ipda Undang Lesmana mengatakan pihaknya mendapatkan laporan dari petugas ronda malam terkait kebakaran di kios Blok B Pasar Banjarsari. Setelah pihaknya melakukan pengecekan ke lapangan, memang benar api sudah menjalar ke kios lain dan beberapa petugas, termasuk warga, berupaya memadamkam api. Akan tetapi, upaya itu tidak bisa dilakukan karena lokasi air cukup jauh.

"Kami bersama petugas pemadam kebakaran dari berbagai daerah dibantu warga setempat berupaya memadamkan api dan sekitar pukul 02.30 akhirnya bisa padam. Namun, dari hasil pengecekan tercatat ada 54 kios dalam kondisi terbakar tetapi kejadian itu tidak menyebabkan korban jiwa. Sekarang lokasi tersebut sudah dipasang garis polisi guna penyelidikan lebih lanjut," katanya, Rabu (28/9).

Petugas Damkar Banjarsari dan Ciamis, Dikri Nur Denatama, mengatakan ada enam unit berasal dari Ciamis, BPBD, Banjarsari, Kota Banjar, dan Kota Tasikmalaya yang berupaya melakukan pemadaman kebakaran itu. Pendinginan dilakukan hingga pukul 04.00.

"Pemadaman yang dilakukan petugas selama itu memang mengalami kendala, terutama akses jalan sempit dan puluhan hidran berada di Pasar Banjarsari tidak berfungsi. Jika semua hidran berfungsi, tidak akan menimbulkan jumlah kios hangus yang besar," ujarnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, Tatang, mengatakan kebakaran pasar Banjarsari menelan kerugian mencapai Rp3 miliar karena semua barang yang dimiliki pedagang tidak terselamatkan. Pemerintah akan berupaya merelokasi para pedagang ke Blok A yang digunakan untuk parkir dan terminal atau gedung baru di Blok G. (OL-14)

BERITA TERKAIT