28 September 2022, 09:15 WIB

Kapal Pesiar yang Bawa Turis Asing Singgah di Sikka


Gabriel Langga |

PANDEMI covid-19 membuat dunia pariwisata Indonesia mati total selama dua tahun. Namun, memasuki 2022, dengan adanya kelonggaran dari pemerintah membuat dunia pariwisata mulai perlahan-lahan bangkit dari terkepurukan sebelumnya.

Seperti yang terjadi di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Kapal pesiar mulai berlabuh di Pelabuhan Lorens Say Maumere, Kabupaten Sikka. 

Kedatangan kapal-kapal pesiar ini sekaligus membawa para turis asing untuk menikmati pariwisata yang ada di Kabupaten Sikka seperti wisata bahari, religius, dan wisata alam

Baca juga: Kecelakaan Maut di Trans-Flores, Satu Meninggal Dunia

Direktur PT Maumere Bahari Ekspres, Gusti Nino, mengaku memasuki 2022 ini, kapal-kapal pesiar mulai berdatangan ke Kabupaten Sikka. Ia pun mengaku akhir-akhir ini dalam satu bulan, 2 sampai 3 kapal cruise berlabuh Pelabuhan Lorens Say. Kedatangan kapal-kapal pesiar ini sekaligus membawa turis asing untuk menikmati pariwisata yang ada di Kabupaten Sikka.

"Kapal pesiar sudah mulai berlayar ke Maumere. Kapal ini membawa turis asing dalam rangka berwisata di Sikka ini. Biasanya para turis asing datang ini untuk menyelam di teluk Maumere dan juga ada turis asing turun di darat. Setelah itu, mereka melanjutkan perjalanan menuju ke tempat-tempat wisata lainnya," papar dia kepada mediaindonesia.com, Rabu (28/9).

Ia pun mengaku bersyukur karena pada 2022 ini situasi perlahan-lahan normal dengan hadirnya kapal-kapal pesiar singgah di Kabupaten Sikka. Hal ini menunjukkan pariwisata kita mulai kembali normal seperti sedia kalanya.

"Kami sangat bersyukur sekali. Kapal-kapal pesiar mulai berlabuh Pelabuhan Lorens Say Maumere ini. Mereka datang kasih turun wisatawan. Usai menikmati wisata beberapa hari di Sikka baru mereka tinggalkan. Pokoknya lumayan baik saat ini," ujar dia.

Menurut dia lagi, kedatangan kapal pesiar membawa wisatawan ke Kabupaten Sikka karena ingin melihat Teluk Maumere yang memiliki potensi bawah laut yang sangat menarik.

"Semua mengaku potensi bawah laut di Teluk Maumere sangat bagus dan menarik. Jadi mereka menyelam di Teluk Maumere," pungkas Gusti. (OL-1)
 

BERITA TERKAIT