27 September 2022, 18:55 WIB

Tim Gabungan Lakukan Pendingan Kawasan Hutan TNGC Yang Terbakar


Nurul Hidayah |

TIM gabungan masiuh terus melakukan penyisiran dan pendinginan bara api di lahan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Jawa Barat, yang terbakar. Tim gabungan terdiri dari BTNGC, BPBD, TNI, Polri, masyarakat pecinta api (MPA), dan masyarakat. 

"Sebelumnya titik api berhasil dipadamkan pada Senin (26/9) sekitara pukul 21.00 WIB," tutur Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Indra Bayu Permana, Selasa (27/9).

Namun kepulan asap, baik yang berada di dalam kawasan area yang sudah terbakar maupun di perbatasan area kobaran masih ada beberapa titik. Sekitar pukul 22.00 WIB semalam operasi pemadaman dihentikan sementara dan tadi pagi tim gabungan kembali melakukan penyissiran dan pendinginan bara api.

Seperti diberitakan sebelumnya, wilayah hutan TNGC terbakar pada Minggu (25/9) sekitar pukul 12.30 WIB. Kepulan api pertama terlihat di Blok Jalan Maling yang kemudian meluas ke Blok Cileutik, Blok Manguntapa,  Blok Tegal Bodas, Blok Situmpuk, dan Blok Penyok Rama yang masuk wilayah Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan.

Api cepat berkobar karena mayoritas tutupan lahan berupa semak belukar kering. Kondisi itu ditambah dengan tiupan angin yang kencang. Luas lahan yang terbakar sejak Minggu (25/9) hingga Senin (26/9) diperkirakan sekitar 48,53 hektar. (OL-15)
 

BERITA TERKAIT