27 September 2022, 18:28 WIB

Dinsos Cianjur Salurkan Bantuan Bagi Korban Bencana di Selatan Cianjur


Benny Bastiandy/Budi Kansil |

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memastikan warga terdampak bencana hidrometeorologi di Kecamatan Leles dan beberapa kecamatan lain mendapatkan bantuan logistik. Penyaluran bantuan sudah dilakukan sehari pascabencana yang terjadi Jumat (23/9).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cianjur, Asep Suparman, mengaku bantuan logistik berupa paket sembako kepada warga terdampak bencana banjir di dua kecamatan. Bantuannya sudah disalurkan pada Sabtu (24/9).

"Sejak hari Sabtu Dinsos sudah menurunkan bantuan logistik untuk korban terdampak banjir di Kecamatan Leles dan Sindangbarang," kata Asep dihubungi Media Indonesia, Selasa (27/9).

Bantuan logistik, kata Asep, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari warga yang belum bisa beraktivitas normal. Seandainya diperlukan, sebutnya, Dinsos juga menyiapkan dapur umum. "Termasuk menyiapkan sarana dapur umum lapangan," ungkapnya.

Bantuan logistik di antaranya terdiri dari mi instan, makanan anak, makanan ringan, air mineral, minyak goreng, serta kebutuhan lainnya. Sedangkan bantuan beras disalurkan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan dan nKetahanan Pangan.

"Kalau beras dari Dinas Pertanian. Dari kami bantuannya paket logistik. Secara teknis bisa ditanyakan langsung ke BPBD sebagai korlak (koordinator pelaksana) di lapangan," pungkas Asep.

Sebelumnya, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cianjur Fatah Rizal, mengaku bantuan logistik sudah disalurkan kepada warga terdampak bencana. Termasuk penanganan bagi bangunan rumah warga yang kondisinya rusak berat.

"Pemerintah daerah memastikan semua kebutuhan masyarakat terpenuhi. Untuk rumah yang rusak berat, kami segera memikirkan rehabilitasi dan rekonstruksinya," pungkas Rizal. (BB/BK)

BERITA TERKAIT