27 September 2022, 12:00 WIB

Kebakaran di Kawasan Padat Penduduk Rappokalling hancurkan 31 Rumah


Lina Herlina |

SETIDAKNYA 31 rumah warga di kawasan padat penduduk di Jalan Rappokalling Timur, Kelurahan Rappokalling, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (26/9) malam, ludes terbakar.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Hanya saja empat warga terluka karena salah satunya patah tulang paha karena meloncat dari lantai dua rumahnya, untuk menyelamatkan diri dari kobaran api.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar, Hasanuddin mengatakan, kebakaran terjadi sejak pukul 18.05 Wita, dan baru bisa dipadamkorsmikan setelah hampir tiga jam lamanya, dengan menurunkan sebanyak 27 unit pemadam dan bantuan dari PMI serta BPBD.

"Yang membuat api lama dikendalikan karena kerumunan warg yang menonton, ditambah akses menuju lokasi kebakaran sangat sulit dijangkau, yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua saja," kata Hasanuddin, Selasa (27/9).

Warga yang kehilangan rumah kini mengungsi di rumah warga terdekat. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar sudah turun tangan membuat dapur umum dan bantuan sementara bagi warga terdampak.

Belum jelas juga apa penyebab kebakaran yang mengakibatkan kerugian materil ditaksir miliaran rupiah itu. "Karena ada kontrakan yang habis terbakar. Dan versi awal kebakaran ada dua. Ada yang bilang karena arus pendek, ada juga yang mengatakan kebakaran berawal dari warga yang
bakar sampah di depan rumah dan merambat ke rumah," lanjut Hasanuddin.

Pihak kepolisian dari Polsek Tallo pun lagi menginvestigasi kejadian tersebut, untuk mengetahui secara pasti penyebab kebakaran. (OL-13)

BERITA TERKAIT