23 September 2022, 10:25 WIB

Di HUT ke 58 Pemprov Sulut Klaim Pertumbuhan Ekonominya Capai 5,93%


Voucke Lontaan |

PERTUMBUHAN ekonomi Sulawesi Utara (Sulut) pada triwulan II 2022 tumbuh 5,93 persen. Pertumbuhan ino di atas pertumbuhan ekonomi nasional.

"Saya bersyukur membaiknya kondisi perekonomian walaupun pandemik Covid-19 belum berakhir," kata Gubernur Olly Dondokambey, seusai upacara HUT Provinsi Sulawesi Utara ke 58, di Kantor Gubernur Sulut, Manado, Jumat (23/9).

Data Badan Pusat Statistik Sulawesi Utara (Sulut), ekonomi Sulut triwulan II 2022 tumbuh 5,93 persen secara year on year, atau diatas pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kondisi ini harus kita syukuri, karena kerja keras dan sinergi dalam mengendalikan pandemik Covid - 19 mulai menunjukan hasil pertumbuhan ekonomi yang memuaskan, 5,93 persen. Sementara pertumbuhan ekonomi nasional 5,44 persen," kata Olly.

Menurutnya, pertumbuhan ekomomi tersebut didominasi lapangan usaha transportasi dan pergudangan yang tumbuh 22,38 persen.

Sementara dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen pengeluaran komsumsi yang mengalami pertumbuhan sebesar 8,74 persen.

Olly mengatakan pola hidup masyarakat sulawesi utara yang begitu tolerans antarumat beragama, ini juga sebagai salah satu pemicu pertumbuhan ekonomi Sulut. Begitu juga dengan kondisi keamanan. "Saya berterima kasih kepada aparat TNI dan Polri yang menjaga situasi keamanan sehingga bisa pertumbuhan ekonomi Sulut bisa mencapai diatas pertumbuhan ekonomi nasional," katanya.

Sebab lanjut Olly, ini semua bisa terwujud demi kepentingan kesejahteraan masyarakat. Untuk sektor infrastruktur Pemerintah Provinsi Sulut membangun 3 rumah sakit daerah, serta sejumlah proyek strategis. Di antaranya, infrastruktur  jalan tol Manado- Bitung, membuka jalur penerbangan langsung Bandara Sam Ratulangi Manado ke Jepang, dan Korea Selatan.

Situasi di Sulut saat ini sangat tetkendali. Sulut juga kata Olly, berhasil menjaga inflasi, sehingga Presiden RI Ir Jokowidodo memberikan apresiasi.

Saat ini kata Olly, pemerintah Provinsi Sulawesi Utara juga membuka pintu gerbang pasifik. "Kemarin saya bersama pejabat pemerintah Korea Selatan bertemu, membicarak kerjasama dibidang pariwisata," ujar Gubernur Olly. (OL-13)

Baca Juga: Tradisi Kenduren Hari Jadi Kudus Hidangkan 473 Tumpeng

 

 

BERITA TERKAIT