20 September 2022, 18:53 WIB

Harga TBS Kelapa Sawit Di Babel Merangkak Naik


Rendy Ferdiansyah |

HARGA Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mulai merangkak naik.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Babel mencatat harga TBS kelapa sawit umur 3 tahun pada Agustus lalu dengan harga Rp1.326 dan naik menjadi Rp1.720 pada September. Sementara harga TBS kelapa sawit umur 10 tahun-20 tahun pada Agustus lalu di harga Rp1.599 dan pada September naik menjadi Rp2.080.

Kepala Bidang Perkebunan DPKP Babel, Haruldi mengatakan harga itu berlaku satu bulan, yakni dimulai 1-30 September 2022.

"Kenapa sebulan sekali, pertama karena personel kita masih terbatas, kemudian ada wacana dua pekan sekali menetapkan harga TBS supaya harga pekan ke pekan berikutnya tidak terlalu jauh," kata Haruldi, Selasa (20/9).

Dia menjelaskan, penyuplai data harga kelapa sawit ini sebelumnya dari 14 perkebunan kelapa sawit (PKS) saat ini menjadi 26 PKS di Babel. "Tentunya ini akan kita masukkan semua, sehingga harga itu lebih fair di masyarakat," ujarnya.

Ia menambahkan, penetapan harga TBS kelapa sawit ini berlaku di plasma dan mitra. Merangkaknya harga ini juga pascadibuka kembalinya ekspor  Crude Palm Oil (CPO).

"Alhamdulillah di beberapa waktu terakhir semenjak dibuka kembali ekspor walaupun tertatih-tatih, karena begitu dibuka tidak langsung berubah drastis. Harus proses ulang mulai dari tender CPO, angkutan kapalnya, semenjak itu mulai jalan, mulai dari Disperindag, dan tidak kalah Dishub, setelah itu dikomunikasikan dengan baik Alhamdulillah kita (harga) mulai merangkak," ujarnya

"Ini setidaknya memberikan harapan kepada petani yang notabene penggantungan selain komoditi non pertanian, kelapa sawit merupakan  andalan provinsi Babel," tambahnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT