15 September 2022, 22:03 WIB

Babel Siapkan Rp8 Miliar Untuk Bansos Kenaikan Harga BBM


Renmdy Ferdiansyah |

PEMERINTAH Provinsi Bangka Belitung (Babel) telah menyiapkan anggaran Rp8 miliar untuk bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat terdampak kenaikan harga BBM.

Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Provinsi Bangka Belitung (Babel) M Haris mengatakan pemerintah pusat mewajibkan 2 persen DAU dan DBH yang di terima daerah untuk anggarkan ke bansos dampak kenaikan BBM. "Kita sudah hitung dari DAU dan DBH yang kita dapat 2 persennya itu  sekitar Rp8 miliar," kata Haris, Kamis (15/9).

Rencananya, jelas Haris, bansos sebesar Rp8 miliar bagi masyarakat terdampak kenaikan harga BBM tersebut akan dicairkan pada Oktober mendatang. "Insya Allah Oktober anggaran bansos bagi masyarakat terdampak kenaikan harga BBM sudah cair," ujarnya.

Pj Gubernur Babel, Ridwan Djamaluddin menyebutkan belum bisa  memastikan mekanisme dan rumus penyaluranya seperti apa. "Belum, kita belum tahu mekanismenya seperti apa," katanya.

Nanti, lanjut Ridwan, kalau sudah mendapatkan arahan Presiden baru akan ada rapat terkait mekanismenya penyalurannya seperti apa. "Kita tidak bisa asal-asalan menyalurkan. Kita harapkan bansos ini nantinya  tepat sasaran sehingga bisa meringankan beban masyarakat terdampak," ucap  dia. (OL-15)

BERITA TERKAIT