14 September 2022, 10:30 WIB

BPJamsostek Bantu Ciptakan Keahlian Baru bagi Disabilitas


Dwi Apriani |

KALANGAN disabilitas kerap kali putus asa karena minimnya peluang di dunia kerja. Program pelatihan kerja di bidang ekonomi kreatif merupakan salah satu yang dibutuhkan untuk kembali memulai meraih masa depan.

Deputi Direktur BPJamsostek Wilayah Sumbagsel, Eko Purnomo, menjelaskan program pelatihan kerja ini merupakan program BPJS Ketenagakerjaan Benefit Empowerment, program pemberdayaan terhadap komunitas pekerja rentan komunitas disabilitas dan ahli waris terkait
kecelakaan kerja.

"Program ini adalah program kolaborasi antara BPJS Ketenagakerjaan, Kemensos dan UMKM binaan Pertamina lewat program CSR. Ini merupakan sinergi yang baik karena peserta bisa mendapatkan keahlian baru agar dapat mandiri," terang Eko, kemarin.

Sementara itu, Kepala Sentra Budi Perkasa,  Wahyu Dewanto menambahkan, program pelatihan ini ditujukan untuk memacu kaum disabilitas untuk mandiri secara ekonomi. "Setelah pelatihan ini peserta diharapkan bisa berdaya. Kami memberikan wadah supaya mereka memiliki penghasilan sendiri," kata dia.

Tak hanya pelatihan keterampilan, kerja sama yang akan dijajaki dengan Kilang Pertamina Plaju juga untuk membuka lingkungan sehat, pengelolaan sampah dan untuk area sentra yang memiliki luasan 4,7 hektare.

"Nantinya program tersebut akan kami koordinasikan lewat program CSR Pertamina," ucap Eko.

Menjadi pelatih dalam program keterampilan menganyam tali meiwa adalah salah satu pengalaman berharga bagi Yeni. Baginya kesempatan berbagi ilmu kepada kalangan disabilitas belum tentu dapat terulang.

"Sehari-hari saya memproduksi tas tapi kali ini saya ingin berbagi ilmu. Saya ingin ilmu menganyam yang saya miliki bisa memberikan harapan baru bagi teman-teman disabilitas," ujar Yeni, yang menjalankan usaha Musi Craft yang merupakan mitra binaan Kilang Pertamina Plaju.

Ibu dua anak ini pun mengaku tak khawatir bila harus bersaing dengan para peserta pelatihan. Apalagi, dia meyakini ada hal lain yang juga penting dalam dunia usaha yakni berbagi ilmu.  "Semoga ilmu yang saya ajarkan kepada mereka bisa bermanfaat dan menjadi salah satu sumber rezeki mereka," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: BPJamsostek Luncurkan Gerakan Nasional 'Sertakan' via aplikasi ...

 

 

BERITA TERKAIT