13 September 2022, 20:09 WIB

BI Tegal Edukasi Cara Perawatan Uang Rupiah kepada Anak SD


Supardji Rasban |

BANK Indonesia (BI) Tegal, Jawa Tengah, mengenalkan uang rupiah sekaligus mengedukasi cara perawatannya kepada anak-anak SD, Selasa (12/9). Puluhan anak kelas V SD Primary Global Inbyra School (GIS) Kota Tegal pun antusias menyimak.

Mereka juga diberi suvenir jika bisa menjawab pertanyaan terkait uang Rupiah. Salah satu anak SD, Michael, mengaku ingin memiliki uang rupiah kertas Tahun Emisi 2022 dengan uang koin. Di depan kasir BI Tegal, dengan semangat Michael mengantre di loket penukaran uang.

Kepala Sekolah Primary Global Inbyra School Kota Tegal Purmedianto menyampaikan pihaknya sengaja mengajak peserta didik mengunjungi Kantor BI Tegal untuk mengenal lebih dekat uang rupiah.

"Agar mereka bisa memahami fungsi rupiah," ujar Purmedianto.

Purmedianto ingin anak-anak didiknya bisa lebih mengenal Rupiah dan mencinta rupiah serta menjadikan rupiah kuat di negeri sendiri apalagi mereka adalah generasi penerus calon pemimpin.

Baca juga:  BI perwakilan NTT dan TPID Perkuat Sinergi Kendalikan Inflasi

Pelaksana Unit Data Statistik dan Kehumasan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal Nanda Pinandita Ramadani mengaku bangga terhadap anak-anak yang antusias memerhatikan semua yang diterangkan.

Asisten kasir BI Tegal BI Tri Aji Mulyadi menuturkan pihaknya memberikan edukasi kepada anak-anak bagaimana menjaga dan merawat uang rupiah dengan tidak melipat, meremas, membasahi, streples dan mencoret uang.

"Selain sosialisasi, peserta didik GIS juga mendapatkan hadiah berupa suvenir bagi yang bisa menebak pertanyaan terkait rupiah," ujarnya.

Sebagai tambahan informasi, sejak 18 Agustus 2022, BI secara resmi meluncurkan uang rupiah kertas Tahun Emisi 2022 sebagai alat pembayaran yang sah. BI meluncurkan sebanyak 7 pecahan uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022, yakni dari pecahan Rp1.000, Rp2.000, Rp 5.000, Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000 dan Rp100.000.(OL-5)

BERITA TERKAIT