11 September 2022, 18:56 WIB

Tim SAR Evakuasi ABK Patah Kaki Terlilit Tali Kapal di Perairan Asahan


Yoseph Pencawan |

TIM SAR berhasil mengevakuasi seorang pria anak buah kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Bandung Jaya yang mengalami patah kaki akibat terlilit tali kapal di perairan Asahan, Sumatra Utara.

Kepala Basarnas Medan, Budiono, mengatakan, sekitar pukul 00.50 WIB Minggu (11/9) personel rescuer Pos SAR Tanjung Balai Asahan bersama kru KN SAR 248 Sanjaya telah mengevakuasi seorang nelayan di perairan  Asahan.

"Nelayan ini merupakan Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Bandung Jaya," ungkap Budiono di Medan, Minggu sore.

Dia menjelaskan, pada Sabtu (10/9) personel siaga Pos SAR Tanjung Balai Asahan menerima laporan adanya seorang nelayan bernama Masril Pulungan, 50, yang mengalami kecelakaan di laut.

Warga Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai, yang merupakan ABK KM Bandung Jaya tersebut mengalami patah kaki karena terlilit tali kapal. Kejadian itu dialami korban saat mereka sedang mencari ikan di Perairan Tanjung Balai Asahan pada Jumat (9/9).


Baca juga: Sampel Pasien Suspek Cacar Monyet Tasikmalaya Diperiksa Balitbangkes


Menerima informasi tersebut personel rescuer Pos SAR Tanjung Balai Asahan segera merapat ke dermaga Phanton Tanjung Balai Asahan yang merupakan lokasi sandar KN SAR 248 Sanjaya. Bersama dengan kru KN SAR 248 Sanjaya mereka bergerak menuju lokasi menggunakan perahu sekoci.

Mereka meluncur memdekati KM Bandung Jaya yang berjarak sekitar 1 nautical mile (NM) dari dermaga Phanton Tanjung Balai Asahan. Setibanya di Kapal KM Bandung Jaya dan merapat, mereka langsung mengevakuasi korban yang mengalami patah kaki sebelah kanan.

Korban dibawa menggunakan tandu dari KM Bandung Jaya ke Sekoci. Kemudian korban dievakuasi menuju Dermaga Phanton.

Pada sekitar pukul 01.45 WIB, mereka tiba di Dermaga Phanton dan selanjutnya korban dibawa ke Rumah Sakit Umum Kota Tanjung Balai untuk penanganan lebih lanjut.

Pada 10 Maret 2022 Basarnas juga berhasil mengevakuasi tiga awak dari kapal ikan yang mengalami tabrakan di perairan Asahan. Dua kapal ikan mengalami tabrakan di sekitar Lampu Putih Perairan Asahan.

Kedua kapal kayu tersebut mengalami tabrakan saat sedang mencari ikan. Setelah bertabrakan, kedua kapal kemudian terbalik dan tiga orang ABK terjatuh ke laut.

Berkat sinergitas dan kecepatan para personel rescuer Pos SAR Tanjung Balai Asahan, ABK KN SAR 248 Sanjaya dan Personel Lanal TBA, ketiga korban berhasil diselamatkan. (OL-16)

 

BERITA TERKAIT