05 September 2022, 23:08 WIB

BNPB: Wilayah Sulawesi Perlu Waspadai Curah Hujan Tinggi


mediaindonesia.com |

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta masyarakat untuk mewaspadai curah hujan tinggi di wilayah Sulawesi. Peringatan itu berdasarkan prakiraan curah hujan dasarian I September 2022.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan untuk wilayah Sulawesi, banyak spot yang curah hujannya di atas 150-200 mm.

Baca juga: Banjir Rob Terjang Pesisir Jember

"Kita lihat di Gorontalo, kemudian di Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Selatan agak ke utara, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara, itu potensi hujan dengan intensitas cukup tinggi masih terbuka," jelasnya, Senin (5/9).

Pihaknya berharap masyarakat dan pemerintah daerah dapat meningkatkan kesiapsiagaan, melihat fenomena alam dan berani menyiapkan evakuasi. Selain itu, beberapa wilayah yang diprakirakan memiliki curah hujan tinggi seperti di Sumatera, terutama Bengkulu.

Kemudian, sebagian besar Kalimantan dan Jawa tidak terlalu signifikan. Namun, ada beberapa wilayah di Jawa Barat dengan potensi curah hujan tinggi, seperti Garut dan Sukabumi. Wilayah Maluku dan Papua Barat juga perlu waspada.

Baca juga: NTT Masuk Puncak Kemarau, BMKG Ingatkan Krisis Air

Abdul menyebut prakiraan ini harus disampaikan. Sebab, pada minggu lalu, dirinya memperingatkan kesiapsiagaan wilayah Bengkulu dan Lampung, yang akan mengalami curah hujan tinggi.

"Kita harus sampaikan rekan-rekan di daerah. Masyarakat harus segera setidaknya menyiapkan diri. Perlu untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama apabila wilayahnya pernah terjadi banjir," ujar Abdul.(Ant/OL-11)

BERITA TERKAIT